Info Dapodikdasmen: Jaga Data Dapodik Sekolah Anda

- Juni 28, 2017

Info Dapodikdasmen: Jaga Data Dapodik Sekolah Anda

 
Sahabat operator dapodikdasmen, di artikel ini admin blog guru-id ingin meneruskan info terbaru dari admin dapodikdasmen yng dipublikasikan pada tanggal 18 AgustusTahun Ini. Sekedar saran bukan pemaksaan, Kepada rekan-rekan relawan dapodik serta mempunyai Blog ataupun Grup Operator Pendataan Sekolah boleh ikut menyebarkan berita penting ini agar rekan-rekan kita yng belum membaca jadi tahu serta segera menyebarkannya kepada rekan lain. Ngomong-ngomong info apa sih?
Berikut info dari admin dapodikdasmen yng berjudul "Waspada Terhadap Permintaan Data Sekolah". Info ini ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota, Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA serta SMK serta Operator Dapodik di seluruh Indonesia. Selamat membaca, mudah-mudahan dipahami
gambar info dapodikdasmen terbaru

Informasi Terbaru Dapodikdasmen Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Dibaca

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada era ini system pendataan Dapodik sudah terintegrasi yang dengannya banyak sekali system/ layanan serta datanya menjadi dasar dalam banyak sekali transaksional di lingkungan Kementerian Pendidikan serta kebudayaan. Oleh karenanya data Dapodik Perlu senantiasa di awasi agar selalu valid serta up to date. Sekolah pula didorong terus bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menaikan datanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa tercapainya data 100 % secara kuantitas ataupun kualitas. Sejalan yang dengannya hal yang telah di sebutkan maka sekolah pula Perlu memperhatikan masalah keamanan data bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan bahwasanya data-data penting sekolah khususnya data dapodiknya tak jatuh ke pihak-pihak yng tidak lebih bisa dipercaya malah berpotensi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyalahgunakan data-data yang telah di sebutkan.
Ditengah upaya sekolah dalam melakukan pemuthakiran data di Tahun PelajaranTahun Ini/2017, akhir-akhir ini tidak sedikit didapati adanya upaya pihak-pihak yng tak bertanggung jawab yang dengannya berupaya meminta data ke sekolah yng ditengarai akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tindak kejahatan maupun tindakan merugikan lain-lainnya. Seringkali pihak-pihak yang telah di sebutkan mencatut pejabat/unit kerja di Lingkungan Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan serta pula mengatasnamakan Dapodik dalam melancarkan aksinya. Modus yng umumnya dipakai antara lain:
  1. Mengirimkan surat mengatasnamakan unit kerja di Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan serta meminta sekolah mengirimkan data pada alamat/email tertentu.
  2. Mengirimkan email yang dengannya akun email yng dikesankan berasal dari unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan serta meminta sekolah mengirimkan data pada alamat/email tertentu.
  3. Menelepon ke sekolah serta mengaku menjdai pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan malah Suka pula mengaku menjdai Tim Dapodik.
  4. Datang langsung ke sekolah yang dengannya mengaku menjdai petugas dari Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan, Suka pula mengaku menjdai Tim Dapodik.
  5. Mempergunakan serta memanfaatkan media social bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebarkan berita menyesatkan serta menggiring bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakses suatu laman/portal tertentu yng dipersiapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjebak pemakain yang dengannya informasi-informasi palsu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu diharapkan sekolah bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih berhati-hati dalam menyikapi tindakan-tindakan yang telah di sebutkan, serta langkah-langkah yng Perlu di lakukan andai menemukan modus diatas merupakan:
  1. Andaikan mendapatkan surat mengatasnamakan unit kerja di Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan, konfirmasikan kebenaran surat yang telah di sebutkan kepada Dinas Pendidikan serta tak merespon isi surat sebelum yakin akan kebenarannya.
  2. Andaikan mendapatkan email konfirmasikan kebenaran email yang telah di sebutkan kepada Dinas Pendidikan serta tak merespon isi surat sebelum yakin akan kebenarannya. Serta yng Perlu diperhatikan bahwasanya Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan cuma akan mempergunakan email resmi Kemdikbud (….@kemdikbud.go.id) serta bukan email umum semisal: ….gmail.com, ….yahoo.com, dll.
  3. Andaikan ada telepon ke sekolah serta mengaku menjdai pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan ataupun mengaku menjdai Tim Dapodik, konfirmasikan berlebi dahulu kebenarannya.
  4. Andaikan ada pihak yng datang ke sekolah serta mengaku menjdai petugas dari Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan ataupun mengaku menjdai Tim Dapodik, silahkan ditanyakan surat tugasnya. Konfirmasikan kebenaran petugas yang telah di sebutkan kepada Dinas Pendidikan serta tak merespon permintaan data sebelum yakin akan kebenarannya.
  5. Berhati-hati dalam mempergunakan serta memanfaatkan media social serta menyerap informasi-informasi yng beredar. Berita resmi dari Kementerian Pendidikan Serta Kebudayaan cuma di publikasikan melalui laman resmi Kemdikbud yang dengannya ciri-ciri mempergunakan domain resmi: …kemdikbud.go.id. Khususnya berita seputar Dapodik bagi atau bisa juga dikatakan untuk SD, SMP, SLB, SMA serta SMK dipublikasikan melalui laman: dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
Diingatkan kembali bahwasannya Kode Regsitrasi Dapodik bersifat sesuatu yang di sembunyikan, oleh karenanya tak diperkenankan mencantumkan kode registrasi pada era berkomunikasi/berkonsultasi melalui media social. Serta andaikan ada indikasi gangguan terhadap data Dapodik diakibatkan bocornya Kode Registrasi bisa menghubungi KKDatadik Dinas Pendidikan ataupun tim support Dapodik Dirjen Dikdasmen bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta di lakukan reset Kode Registrasi.
Demikian info dari Admin Dapodikdasmen. Selanjutnya silahkan download pula App PMP terintegrasi dapodik Versi 1.2
Admin dapodikdasmen
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/08/info-dapodikdasmen-jaga-data-dapodik.html

Seputar Info Dapodikdasmen: Jaga Data Dapodik Sekolah Anda

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Info Dapodikdasmen: Jaga Data Dapodik Sekolah Anda