Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah

- Juni 28, 2017

Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah

 
Postingan ini adalah kelanjutan dari Petunjuk teknis penggunaan Perangkat lunak Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M wacana Analisis kondisi Sekolah/Madrasah. Nah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah kamu, maka kami bagikan kelanjutannya menjadikan lebih lengkap info yng mampu kamu pelajari disini. Selanjutnya silahkan pelajari lebih lanjut wacana Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah melalui langkah-langkah dibawah
Jangan tidak ingat download pula Perangkat lunak EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M Bagi atau bisa juga dikatakan untuk SD serta SMP
Sahabat guru-id, Analisis kondisi Sekolah/Madrasah adalah penjabaran dari Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, yng terintegrasi yang dengannya indikator capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM), indikator capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), serta Instrumen Akreditasi. Tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M pada sheet ‘Analisis Profil”, meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan (bertanda angka romawi) yng menjadi dasar penyusunan profil Sekolah/Madrasah, 26 komponen EDS/M (2 digit angka), 62 indikator EDS/M (tiga digit angka), serta 266 indikator capaian/indikator esensi (kunci) yng Perlu dicapai oleh setiap Sekolah/Madrasah. Langkah ataupun tahapan yng Perlu di lakukan oleh Sekolah/Madrasah bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan analisis kondisi Sekolah/Madrasah pada sheet tabel profil, merupakan:
1. Membaca, mencermati serta memahami setiap indikator capaian (kunci) pada setiap indikator EDS/M, yang dengannya tips:
  • Cermatilah, apakah Sekolah/Madrasah sudah memenuhi (mempunyai/melaksanakan/mencapai) indikator kunci yang telah di sebutkan.
  • Cermatilah bukti fisik yng diuraikan pada kolom bukti fisik, pilih bukti fisik yng telah dimiliki oleh sekolah/madrasah serta bukti fisik yng belum ada, lantas input/ketik pada kolom yng sesuai.
  • Andai bukti fisik substansi/esensi yng menjadi pemenuhan indikator kunci dianggap sudah memenuhi/tersedia di sekolah/madrasah, ketikkan angka 1 pada kolom F. Perhatikan gambar di bawah ini :
  • gambar Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah di aplikasi rks
  • Gambar di atas menunjukan bahwasanya bukti fisik esensinya dari indikator kunci merupakan “SK dan uraian tugas tim pengembang kurikulum”, serta secara otomatis akan menjadi kekuatan Sekolah/Madrasah terkait yang dengannya pemenuhan indikator kunci pada Standar Nasional Pendidikan.
  • CATATAN:
    Indikator Esensi/Kunci menjadi KEKUATAN, andai Sekolah/Madrasah/Madrasah TELAH melaksanakan/mempunyai/mencapai keseluruhan (tak sebagian) yang dengannya disertai tersedianya bukti fisik substansi yng cukup/lengkap
2. Andai bukti fisik diasumsikan belum memenuhi (tak ada) pencapaian indikator kunci, langkah selanjutnya yakni ketikkan angka 2 pada kolom F, maka secara otomatis akan menjadi kelemahan serta rekomendasi yng akan menjadi basis data penyusunan program serta kegiatan di Sekolah/Madrasah. Perhatikan gambar di bawah ini:
gambar Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah di aplikasi eds-rks
Gambar di atas adalah asumsi indikator kunci yng belum memenuhi SNP.
Indikator Esensi/Kunci menjadi KELEMAHAN, andai Sekolah / Madrasah / Madrasah BELUM melaksanakan/mempunyai/mencapai keseluruhan (bukan sebagian), ataupun TELAH melaksanakan/mempunyai/mencapai namun belum disertai tersedianya bukti fisik yng substansi.
3. Andai indikator kunci sudah terpenuhi serta bukti fisik pemenuhan sudah terpenuhi/dimiliki/dilaksanakan namun menjadi program serta kegiatan yng rutin di lakukan setiap tahun, maka langkah selanjutnya yakni ketikkan angka 3 pada kolom F, maka secara otomatis akan menjadi kekuatan serta rekomendasi yng akan menjadi basis data penyusunan program serta kegiatan di Sekolah/Madrasah. Perhatikan gambar di bawah ini:
gambar Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah
CATATAN:
Indikator Esensi/Kunci menjadi KEKUATAN serta menjadi REKOMENDASI andai Indikator Esensi/Kunci manjadi program serta kegiatan yng rutin di lakukan setiap tahun oleh sekolah/madrasah.
MERUMUSKAN PRIORITAS REKOMENDASI
Beberapa dasar dalam menentukan Prioritas Rekomendasi, yakni:
  1. Bisa dilaksanakan selama 4 tahun ke depan
  2. Disesuaikan yang dengannya ketersediaan Sumber Dana
  3. Disesuaikan yang dengannya kemampuan sumber daya
  4. Adalah indikator yng berkaitan yang dengannya pemenuhan indikator SPM serta akreditasi
  5. Adalah indikator yng berkaitan yang dengannya kegiatan rutin yng Perlu di lakukan oleh sekolah
Sesuai yang dengannya ketentuan di atas, ada beberapa tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk merumuskan Prioritas Rekomendasi pada tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M, menjdai berikut:
  • Andai suatu indikator kunci menjadi kelemahan secara otomatis akan menjadi rekomendasi, maka lakukan analisis terhadap rumusan di setiap rekomendasi. Apakah suatu rekomendasi akan menjadi Prioritas Rekomendasi ataupun tak, yang dengannya kata lain, tak seluruh rekomendasi akan menjadi Prioritas Rekomendasi. Andai suatu rekomendasi akan ditetapkan menjadi Prioritas Rekomendasi, maka letakkan kursor pada cell kolom prioritas rekomendasi sejajar yang dengannya Indikator Esensi/Kunci yng akan ditentukan prioritas rekomendasinya, lantas klik tombol “COPY DAN GABUNG KE PETUNJUK PENGGUNAAN TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M REKOMENDASI PRIORITAS” yng letaknya di atas kolom Prioritas Rekomendasi.
  • gambar MERUMUSKAN PRIORITAS REKOMENDASI
  • Semisal: Indikator Pemenuhan SPM 17, yakni “Sekolah kami memiliki 100 judul buku pengayaan dan 10 judul buku referensi”.
  • Bukti fisik yng belum ada di sekolah adalah kesenjangan (gap) yng Perlu dipenuhi oleh sekolah, maka langkah selanjutnya yakni merubah rumusan kalimat prioritas rekomendasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk disesuaikan yang dengannya kesenjangan pemenuhan buku pengayaan serta rujukan.
  • Perhatikan perubahan rumusan kalimat prioritas rekomendasi pada gambar di bawah ini
  • gambar Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah
Beberapa ketentuan dalam menentukan Prioritas Rekomendasi di atas, menunjukan bahwasanya tak seluruh rekomendasi menjadi Prioritas Rekomendasi. Satu indikator EDS/M (yang dengannya kode 3 digit serta berwarna kuning) dimungkinkan terdapat 1 ataupun 2 Prioritas Rekomendasi walaupun terdapat 10-20 indikator kunci pemenuhan SNP/SPM. Malah masih dimungkinkan tak ada rekomendasi yng terpilih menjadi prioritas rekomendasi, andai kondisi Sekolah/Madrasah tak memungkinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhinya.
DOWNLOAD PETUNJUK PENGGUNAAN TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M - DISINI
Itulah pemaparan Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah pada software EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M. Mudah-mudahan berguna, beriktunya mampu butuh silahkan download semisal rencana Kerja sekolah SD serta SMP Tahun Ini

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/08/cara-analisis-kondisi-sekolahmadrasah.html

Seputar Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Analisis Kondisi Sekolah/Madrasah