Perubahan Kurikulum 2013 Tahun Ini Yang Perlu Diketahui Guru

- Agustus 04, 2017

Perubahan Kurikulum 2013 Tahun Ini Yang Perlu Diketahui Guru

 
Perubahan Kurikulum 2013 Tahun Ini - Ini Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui oleh seluruh guru lebih-lebih bagi guru yng sekolahnya melaksanakan Kurikulum 2013. Nah sesudah hasil revisi kurikulum 2013 selesai tentunya pasti ada perubahan yng terlaksana serta perubahan yang telah di sebutkan akan kami bagikan melalui blog pendidikan ini. serta yng kita sudah ketahui bersama bahwasanya Resmi! Mulai JuliTahun Ini Kurikulum 2013 Diberlakukan Secara Nasional. Nah Apa saja perubahannya. didasari berita yng kami kutip dari salah posting di foruum guru indonesia, berikut merupakan hasil pelatihan yng butuh disampaikan kepada guru di indonesia.

1. 9 Perubahan Kurikulum 2013 Tahun Ini

gambar logo kurikulum 2013
  1. Nama kurikulum tak berganti menjadi kurikulum nasional namun tetap *Kurikulum 2013 Edisi R evisi* yng berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 serta KI 2 telah ditiadakan di setiap mata pelajaran cuma agama serta ppkn akan tetapi *KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP*.
  3. Andai ada 2 *nilai praktik* dalam 1 KD , maka yng diambil merupakan nilai yng tertinggi. Penghitungan *nilai ketrampilan* dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) serta diambil nilai rata2. bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, serta penilaian akhir semester itu percis.
  4. pendekatan scientific 5M bukanlah satu2 nya metode era mengajar serta andaikan dipakai maka susunannya tak Perlu berurutan.
  5. *Silabus kurtilas* edisi revisi lebih ramping cuma 3 kolom. Yakni *KD, materi pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran*.
  6. Perubahan *terminologi* ulangan harian menjadi *penilaian harian*, uas menjadi *penilaian akhir semester* bagi atau bisa juga dikatakan untuk semester 1 serta *penilaian akhir tahun* bagi atau bisa juga dikatakan untuk semester 2. Serta telah tak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
  7. *Dalam RPP*, tak butuh disebutkan nama metode pembelajaran yng dipakai serta *materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut yang dengannya rubrik penilaian* (andai ada).
  8. *Skala penilaian* menjadi *1-100*. *Penilaian sikap* diberikan dalam bentuk *predikat serta deskripsi*.
  9. Remedial diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng tidak lebih akan tetapi sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial merupakan nilai yng dicantumkan dalam hasil.
Adapun Satu dari sekian banyaknya hasil Bimtek Kurikulum Nasional yng akan diberlakukan tahun pelajaran baru merupakan guru Perlu mempunyai Kelengkapan berikut :

2. BUKU KERJA GURU

A. BUKU KERJA 1 :
1. SKL, KI, serta KD
2. Silabus
3. RPP
4. KKM
B. BUKU KERJA 2 :
1. Kode Etik Guru
2. Ikrar Guru
3. Tata Tertib Guru
4. Pembiasaan Guru
5. Kalender Pendidikan
6. Alokasi Waktu
7. Program Tahunan
8. Program Semester
9. Jurnal Rencana Guru
C. BUKU KERJA 3 :
1. Daftar Hadir
2. Daftar Nilai
3. Penilaian Akhlak/Kepr
4. Analisis Hasil Ulangan
5. Progpel Perbaikan & Pengayaan
6. Daftar buku Pegawai Guru/Siswa
7. Jadwal Mengajar
8. Daya Serap Siswa
9. Kumpulan Kisi soal
10. Kumpulan Soal
11. Analisis Butir Soal
12. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA 4 :
1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
Apakah bapak serta ibu guru sudah mempunyai buku kerja yng sudah kami tuliskan diatas? andai belum kamu mampu mendownloadnya melalui tautan yng kami sematkan dibawah
Download: Software Guru Kelas Lengkap

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/06/perubahan-kurikulum-2013-tahun-2016.html

Seputar Perubahan Kurikulum 2013 Tahun Ini Yang Perlu Diketahui Guru

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Perubahan Kurikulum 2013 Tahun Ini Yang Perlu Diketahui Guru