Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP

- Juli 04, 2017

Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP

 
Blog guru-id akan membagikan sebuah alat bantu berupa Aplikasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk Penyusunan EDS RKS ke RKAS Untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah menengah pertama (SMP) Berbasis SPM dan SNP terbaru dari Kemdikbud Tahun Ini/2017. Tools ini dikembangkan melalui program PKP-SPM Dikdas bantuan Uni-Eropa Melalui Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kenapa Admin membagikan? lantaran beberapa hari yng lalu pengawas pembina sekolah saya datang dan memberikan tools ini. Beliau pula menjelaskan tata tips penggunaan Aplikasi ini, menurutnya ini adalah software terbaru, jadi diharapkan para kepala sekolah mempergunakannya dan mengganti versi yng lama. Yang dengannya alasan yang telah di sebutkan, maka admin membahasnya disini. Aplikasi ini Amat gampang dipahami penggunaannya lantaran berbasis Excel dan akan blog guru-id berikan filenya secara gratis menjadikan mampu di download.
gambar Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
Sahabat edukasi yng berbahagia, Butuh diketahui pula bahwasanya Tujuan utama Penyusunan dan perumusan EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M yang dengannya mempergunakan tools ini merupakan:
a) Peserta memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara bersiklus (setiap tahun) di Sekolah/Madrasahnya masing-masing didasari hasil analisis evaluasi diri Sekolah/Madrasah.
b) Peserta memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan yang dengannya tingkat capaian yng terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekalian bisa memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.
c) Peserta memahami beberapa hal yng Perlu direncanakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara bertahap yng dituangkan dalam RKS/M.
d) Peserta memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) menjdai dasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).
e) Peserta memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan tips pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M.
f) Peserta (Sekolah/Madrasah/madrasah) bisa menyelesaikan dokumen RKS/M dan RKT menjdai pedoman pelaksanaan kegiatan dan penggunaan angggaran.
Sedangkan Penyusunan RKS/M berbasis EDS/M yang dengannya mempergunakan tools ini memberikan manfaat menjdai berikut:
a) Sekolah/Madrasah mempunyai profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M).
b) Sekolah/Madrasah mempunyai laporan EDS/M yng bisa dipakai menjdai bahan rekomendasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekalian mempunyai potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.
c) Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKS/M 4 tahun didasari hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah mempunyai dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M bagi atau bisa juga dikatakan untuk 4 tahun sekalian.
d) Sekolah/Madrasah mempunyai rancangan RKAS/M bagi atau bisa juga dikatakan untuk 4 tahun.
e) Sekolah/Madrasah mempunyai LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/Madrasah).
f) Sekolah/Madrasah mampu mengukur ketercapaian indikator yng terdapat pada SPM dan SNP.

Tips Mempergunakan TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M

Sebelum mempergunakan software tools alat bantu Penyusuan EDS RKS, RKAS sekolah kamu, blog guru-id merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca penjelasan mengenai petunjuk teknis penggunaan software ini.
  • Pertama Download berlebi dahulu APLIKASI TOOLS EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M DI LINK BERIKUT
    Untuk SD - Klik Disini
    Untuk SMP - Klik Disini
  • Buka software, selanjutnya mengaktifkan security warning, yakni klik option pilih enable this content. Perhatikan gambar di bawah ini :
  • gambar Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP gambar Juknis Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
  • andai kamu mempergunakan Microsoft Office 2010 Klik Setting Macro “ENABLE CONTENT”, berwarna kuning di bagian atas tampilan menu Tools. Lantas andai muncul tampilan berikut, tutup/close *ciri silang) di bagian pojok kanan atas menu pembuka Tools
  • Selanjutnya, Ada 2 input dalam penyusunan dokumen RKS dan RKAS pada tools, yakni Menu Data dan Berita, dan Menu EDS/M-RKS/M.
  • Pada menu data dan berita terdapat 2 input penyusunan, yakni “Data Sekolah” dan “Integrasi SPM”. Pada menu input Integrasi SPM, Kepala Sekolah bersama Tim Pengembang Sekolah membaca dan memahami dan mikirin apa langkah-langkah yng Perlu di lakukan sekolah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi indikator pemenuhan SPM Pendidikan Dasar.
  • Pada input Data Sekolah, Tim Pengembang Sekolah bisa mengisi sesuai yang dengannya data-data semisal yng ada pada gambar di bawah ini:
  • gambar panduan penggunaan Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
    Catatan dan tips pengisian tabel data dasar Sekolah/Madrasah:
    1. Data Sekolah/Madrasah (nama Sekolah/Madrasah, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi diisi sesuai yang dengannya posisi Sekolah/Madrasah)
    2. Jumlah siswa dalam penghitungan BOS Pusat, terdapat 3 pilihan yakni : - Tak mendapatkan, andai sekolah tak mendapatkan dana BOS Pusat lantaran alasan tertentu
    - Sesuai yang dengannya jumlah siswa, andai jumlah dana BOS Pusat yng diterima sesuai yang dengannya jumlah siswa. Salah satunya pula jumlah siswa yng tidak lebih dari 60, tetap mendapatkan sesuai kondisi riil di sekolah.
    - Ditentukan = 60, andai dana BOS Pusat yng diterima sesuai yang dengannya kebijakan BOS Pusat, yakni bagi sekolah yng jumlah siswanya tidak lebih dari 60, maka dana yng akan diterima merupakan sebanyk 60 siswa.
    3. Data sumber dana no 1 s/d 3 diisi penerimaan per siswa pertahun
    4. Data sumber dana no 4 s/d 13 diisi penerimaan asumsi pertahun
    5. Jumlah siswa diisi yang dengannya jumlah siswa faktual, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk SD, SDLB SMP, SMPLB SLB, SMP Satu Atap yang dengannya jumlah murid tidak lebih dari 60, akan mendapatkan kebijakan khusus dan terhitung secara otomatis total penerimaan yang dengannya asumsi jumlah peserta didik sebanyk 60 peserta didik. Sekolah penerima kebijakan khusus, ditentukan dan disesuaikan yang dengannya kebijakan masing-masing kabupaten/kota.
    6. Nama Kepala Sekolah/Madrasah, Bendahara dan Komite Sekolah/Madrasah disesuaikan yang dengannya kondisi era ini. 7. NIP diisi NIP yng berlaku era ini yang dengannya tips mengetikkan NIP sebelum angka. Semisal NIP 19670923 198606 1 004 8. Sumber dana bisa diganti disesuaikan yang dengannya sumber dana yng dikelola oleh satuan pendidikan.
    gambar Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP
  • Dalam sheet ini, cuma cell yng berwarna putih dan biru muda yng boleh diisi. Coba perhatikan tampilan gambar di atas, terdapat perbedaan rencana penerimaan Tahun ke-1 hingga yang dengannya Tahun ke-4. Maksudnya dalam proses realisasi rencana anggaran program dan kegiatan Sekolah/Madrasah diasumsikan terdapat kenaikan harga barang dan jasa sebesar 10% setiap tahun dari tahun sebelumnya.
  • Langkah selanjutnya dalam mempergunakan tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M, yakni melakukan analisis kebutuhan sekolah pada menu “Analisis Profil”, di bawah ini merupakan penjelasan-penjelasan wacana analisis profil sekolah.
BERSAMBUNG....
Lanjutkan membaca wacana ANALISIS KONDISI SEKOLAH/MADRASAH
DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS PENGGUNAAN Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP.PDF - KLIK DISINI
Demikian share Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP Tahun Ini/2017. Mudah-mudahan memberikan manfaat
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/08/aplikasi-eds-rks-rkas-berbasis-spm-dan.html

Seputar Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Aplikasi EDS-RKS-RKAS Berbasis SPM dan SNP Untuk SD dan SMP