Episode Tanya Jawab 41-74 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini

- April 21, 2017

Episode Tanya Jawab 41-74 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini

 
Ada tidak sedikit Tanya Jawab Seputar Dapodik VersiTahun Ini di Episode 2 ini yng akan blog guru-id bagikan melalui postingan di artikel ini. Pendapat dari admin Amat penting membaca pedoman, FAQ, serta mengikuti TOT dapodik berlebi dahulu sebelum mengerjakannya. Kenapa? lantaran Kamu akan lebih nyaman serta tak akan terasa ragu-ragu lagi disaat mengerjakan dapodik verisTahun Ini. nah pada posting sebelumnya sudah dibahas secara tuntas ihwal Perangkat lunak Dapodik di episode 1 (baca disini). selanjutnya mari kita baca apa saja pertanyaan yng paling Suka ditanyakan terkait yang dengannya dapodik versiTahun Ini
B. Perangkat Lunak & Keras 41. Perangkat lunak Dapodik paling baik diinstall di PC ataupun di laptop?
Disarankan diinstal pada laptop lantaran mobilitasnya lebih baik. Andai terlaksana sesuatu yang dengannya Perangkat lunak Dapodik, laptop mampu dibawa bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsultasi perbaikan data serta perangkat lunak.
42. Bagaimana spesifikasi hardware minimal agar lancar mempergunakan Perangkat lunak Dapodik?
  • Processor minimal Pentium Core Duo
  • Memory minimal 2 GB
  • Storage tersisa minimal 400 MB
  • CD/DVD drive andai instalasi melalui media CD/DVD
43. System Operasi (Operating System) apa yng paling baik dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk Perangkat lunak Dapodik?
Disarankan mempergunakan Windows 7. Walau demikian, Perangkat lunak Dapodik pula bisa berjalan di System Operasi yang akan di sajikan kali ini:
  • Windows 7 32 & 64 Bit
  • Windows 8 32 & 64 Bit
  • Windows 8.1 32 & 64 Bit
  • Windows 10 32 & 64 Bit
44. Peramban (Browser) apa yng paling baik dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan Perangkat lunak Dapodik?
Peramban yng direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai merupakan Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.
45. Bagaimana tatacara melakukan setting agar Perangkat lunak Dapodik bisa dibuka di peramban yang telah di sebutkan?
Perangkat lunak Dapodik berjalan di peramban bawaan (bawahan browser) di komputer. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa membuka perangkat lunak melalui shortcut yng ada di desktop, silakan setting peramban yng akan dipakai menjdai peramban bawaan di komputer. Perangkat lunak Dapodik pula bisa diakses yang dengannya mengetik alamat localhost di navigasi peramban.
46. Di mana saya bisa mengunduh perangkat lunak yang telah di sebutkan ?
Di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh
C. Kode Registrasi 47. Apakah kode registrasi berganti di versiTahun Ini?
Tak. Secara bawahan, kode registrasi sekolah tak mengalami perubahan. Akan tetapi andai ingin merubah kode registrasi lantaran sesuatu hal (keamanan data), sekolah bisa melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Walau demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi lantaran perangkat lunak kode registrasi lama akan ditolak oleh system pada era sinkronisasi.
48. Apa yng dimaksud yang dengannya kode registrasi?
Sebuah kode unik serta sesuatu yang di sembunyikan yng dibuat oleh system menjdai kunci aktivasi Perangkat lunak Dapodik. Kode ini bersifat unik, pengertiannya masing-masing sekolah mempunyai kode registrasi yng berbeda-beda.
49. Apa fungsi kode registrasi?
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan aktivasi disaat sekolah akan mengawali entri data sekolahnya. Kode ini pula bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunduh data prefill serta melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Selain itu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.
50. Di mana sekolah saya mampu memperoleh kode registrasi?
Tips mendapatkannya merupakan yang dengannya menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
51. Apa syarat memperoleh kode registrasi?
Syaratnya, sekolah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta terdaftar di dalam rujukan Pusat Data serta Statistik Pendidikan serta Kebudayaan (PDSP-K) Kemendikbud. Andaikan belum terdaftar, segera perbaharui ke PDSP ataupun menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN mampu di lakukan di rujukan.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yng dimau-kan.
52. Andai tak mempunyai NPSN, apakah sekolah kami mampu memperoleh kode registrasi?
Tak. Solusinya merupakan yang dengannya mengurus NPSN berlebi dahulu. Sesudah mempunyai NPSN, otomatis mampu didaftarkan agar memperoleh kode registrasi. Hal ini dimaksudkan agar keabsahan sekolah yang telah di sebutkan resmi terdaftar di Kemendikbud.
53. Apakah NPSN sementara yang dengannya format NPxxxxx mampu dibuatkan kode registrasinya?
Ya, Lantaran itu NPSN sementara yng dikeluarkan PDSP.
54. Apa yng Perlu di lakukan andai tidak ingat yang dengannya kode registrasi sekolah?
Solusinya mampu segera menanyakan kode registrasi sekolahnya kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
55. Apa akibatnya andai kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?
Kode registrasi itu bersifat sesuatu yang di sembunyikan. Jadi jangan hingga diberitahukan ke sekolah lain-lainnya lantaran menyangkut data masing-masing sekolah. Dikhawatirkan kalau hingga diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan dipakai oleh orang-orang yng tak bertanggung jawab.
56. Apakah kode registrasi tahun ajaranTahun Ini/2017 ini percis yang dengannya tahun sebelumnya?
Ya. Akan tetapi andai sekolah ingin merubah kode registrasi lantaran sesuatu hal, maka bisa diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
57. Apa fungsi lain dari kode registrasi?
Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk kode aktivasi pula bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunduh data prefill per sekolah melalui dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Di samping itu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeriksa data individu sekolah di progres pengiriman bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan datanya telah percis yang dengannya di server.
58. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah baru, bagaimana prosedur memperoleh kode registrasi?
Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke PDSP yang dengannya melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan administrasi perizinan sekolah serta SK izin operasional. Sesudah memperoleh NPSN maka bisa mengajukan kode registrasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan.
59. Apa akibat bila kode registrasi dipakai oleh dua sekolah ataupun lebih?
Akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah yang telah di sebutkan akan bercampur menjadi satu. Ini Amat tak dianjurkan. Lantaran itu, pastikan kode registrasi yang telah di sebutkan benar-benar milik sekolah yang telah di sebutkan serta tak diketahui oleh orang lain.
Bila telah telanjur, solusinya merupakan generate ulang prefill serta lakukan prosedur instalasi semisal semula yang dengannya mempergunakan data prefill yng baru. Bersihkan data berganda yang telah di sebutkan lalu lakukan sinkronisasi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah yng kedua meminta ke dinas kabupaten/kota bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuatkan kode registrasi baru.
60. Apakah bisa merubah kode registrasi?
Ya , tatacara ganti koreg melalui fasilitas ganti/reset kode registrasi di dinas kabupaten/kota. Fitur ini dimaksudkan disaat kode registrasi diketahui oleh pihak lain yng tak bertanggung jawab ataupun pergantian operator, maka perubahan ini bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari hal-hal yng tak dimau-kan.
Reset kode registrasi tak menghilang-kan data. Akan tetapi yng butuh diingat, kode registrasi lama yng telah direset tak bisa melakukan sinkronisasi.
61. Kode registrasi ini apakah bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan administrasi kelembagaan?
Tak. Kode registrasi ini cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan Perangkat lunak Dapodik saja, bukan menjdai nomor administratif semisal Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ataupun Nomor Unik Pendidik serta Tenaga Kependidikan (NUPTK).
62. Apakah kode registrasi bersifat permanen?
Ya, selama pendataan Dapodik masih berjalan secara berkelanjutan.
D. Data Prefill 63. Apa definisi data prefill?
Prefill merupakan data sekolah beserta isinya yng sudah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini merupakan database sekolah hasil pengiriman yang terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya bisa berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tak melakukan input data bagi atau bisa juga dikatakan untuk kedua kalinya.
64. Apakah fungsi data prefill?
Data prefill berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk registrasi serta berisi data-data sekolah yng sudah dimasukkan pada perangkat lunak sebelumnya.
65. Dimana mampu memperoleh data prefill?
Data prefill mampu didapat di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill yang telah di sebutkan yng terbaru (update) melalui generator prefill.
66. Apa yng dimaksud yang dengannya generate data prefill?
Updating data awal prefill yang dengannya hasil sinkronisasi yang terakhir ke server. Menjadikan data prefill menjadi ter-update yang dengannya data kiriman ke server yang terakhir.
67. Dimana bisa difasilitasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan generate prefill?
Generate prefill mampu di lakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat bagi atau bisa juga dikatakan untuk generate prefill merupakan: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/prefill. Fasilitas ini semacam simpen lokal secara nasional.
68. Andai komputer bermasalah (hilang, rusak, ataupun rubah komputer) apa yng Perlu di lakukan?
Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi semisal prosedur awal instalasi. Yang dengannya demikian, pada perangkat lunak lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yng yang terakhir. Hal ini penting serta butuh di lakukan agar operator tak menginput data dari awal lagi. Andai prosedur ini tak di lakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, lantaran data di server telah pernah ada.
69. Apakah bisa mempergunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya?
Tak mampu, lantaran struktur berbeda serta data tahun sebelumnya telah melalui proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Kamu mempergunakan data prefill terbaru bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.
E. Instalasi Perangkat lunak 70. Dimana mampu didapatkan master installasi Perangkat lunak Dapodik?
Master Perangkat lunak Dapodik mampu diunduh lewat alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduh perangkat lunak.
71. Apa fungsi Pengaturan Port dalam proses installasi Perangkat lunak Dapodik?
Fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan letak server lokal yng akan diinstalkan serta bertujuan agar perangkat lunak mampu berjalan sempurna. Tak butuh ganti port disaat instalasi. Biarkan system mengaturnya.
72. Bagaimana andai instalasi perangkat lunak berhenti di bagian konfigurasi server?
Mampu jadi port defaultnya telah terpakai menjadikan perangkat lunak tak mau terinstal. Solusinya segera hapus perangkat lunak yng mempergunakan port bawahan Perangkat lunak Dapodik.
73. Bagaimana tatacara melakukan uninstall Perangkat lunak Dapodik?
Buka control panel > Program and Features> Dapodik > klik uninstall. Lantas akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus perangkat lunak > pilih Ya. Tunggu hingga muncul keterangan Perangkat lunak Dapodik sukses dihapus dari komputer Kamu.
74. Apa yng terlaksana sesudah registrasi yang dengannya file prefill ini?
File terebut akan hilang yang dengannya sendirinya sesudah registrasi sukses. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan file ini cuma satu kali saja sesudah sekolah melakukan proses input data. Selanjutnya mempergunakan mekanisme generate ulang prefill.

Download file Lengkap Tanya Jawab Seputar Dapodik V.2016.Pdf - KLik Disini

Lanjut baca Episode Tanya Jawab 75-95 Seputar Dapodik VersiTahun Ini

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/episode-tanya-jawab-41-74-seputar.html

Seputar Episode Tanya Jawab 41-74 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Episode Tanya Jawab 41-74 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini