Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Tahun Ini

- Juni 02, 2017

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Tahun Ini

 
Program Indonesia Pintar diselenggarakan oleh kemendikbud serta kemenag. Sedangkan PIP melalui kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yng berasal dari keluarga tidak lebih bisa atau mampu, yng adalah bagian dari penyempurnaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya berikut tujuan PIP Melalui pemberian KIP
  1. Menghilang-kan hambatan siswa secara ekonomi bagi atau bisa juga dikatakan untuk berpartisipasi di sekolah menjadikan orang-orang mendapatkan akses pelayanan pendidikan yng lebih baik di tingkat dasar serta menengah.
  2. Mencegah anak/siswa mengalami putus sekolah akibat kesulitan ekonomi.
  3. Menarik anak/siswa yng putus sekolah agar kembali bersekolah.
  4. Membantu anak/siswa tidak lebih bisa atau mampu dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran.
  5. Mendukung penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (9) serta Pendidikan Menengah Universal (Wajib Belajar 12 tahun).
Didasari berita resmi dari website resmi pemerintah, berikut mekanisme penggunaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bantuan pendidikan
1. Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan:
  1. Siswa yng telah mempunyai KIP membawa kartu yang telah di sebutkan ke sekolah tempat siswa yang telah di sebutkan terdaftar.
  2. Sekolah mencatat data siswa yang telah di sebutkan yang dengannya benar sesuai format, merekapitulasi data seluruh siswa pemilik KIP serta mengirimkan rekapitulasi yang telah di sebutkan ke Dinas Pendidikan serta Kankemenag Kabupaten/Kota.
  3. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengirimkan seluruh hasil rekapitulasi sekolah di Kabupaten/Kota yang telah di sebutkan ke Kemendikbud yang dengannya menembuskan ke Dinas Pendidikan serta Kebudayaan Provinsi.
  4. Kemendikbud akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan siswa penerima manfaat KIP serta mengirimkan SK yang telah di sebutkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta daftar penerima manfaat KIP ke lembaga/bank penyalur yng ditunjuk.
  5. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota akan mengirimkan surat pemberitahuan serta daftar penerima manfaat KIP ke sekolah dan lokasi serta waktu pengambilan dana bantuan.
  6. Sekolah memberitahukan ke siswa/orangtua waktu pengambilan dana bantuan.
  7. Siswa/orangtua mengambil dana bantuan ke lembaga/bank penyalur yng ditunjuk.
2. Kementerian Agama:
  1. Siswa yng telah mempunyai KIP membawa kartu yang telah di sebutkan ke madrasah tempat siswa yang telah di sebutkan terdaftar.
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Madrasah Swasta, Kepala Madrasah mencatat serta merekapitulasi siswa yng mempunyai KIP serta siswa dari keluarga penerima KPS/KKS didasari format bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas merekapitulasi nama siswa yang telah di sebutkan menjdai penerima manfaat KIP.
  3. Kepala Madrasah Swasta membuat Surat Keputusan (SK) Penetapan Siswa Penerima manfaat KIP, informasi acara SK dan Rekapitulasi Siswa Calon Penerima manfaat KIP serta mengirim seluruh salinan format ke Kantor Kementerian Agama/Kankemenag Kabupaten/Kota. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Madrasah Negeri yng mempunyai DIPA/anggaran sendiri, rekapitulasi siswa penerima manfaat KIP dikirimkan ke Kankemenag Kabupaten/Kota.
  4. Kankemenag Kabupaten/Kota merekapitulasi usulan siswa calon penerima manfaat program serta menetapkan seluruh penerima manfaat yng mempunyai KIP dan anak/siswa dari keluarga KPS/KKS yng belum mendapatkan KIP.
  5. Menerbitkan SK Daftar Siswa Calon Penerima manfaat KIP dan Rekapitulasi Siswa serta lantas mengirimkan seluruh salinan ke Kantor Wilayah/Kanwil Kementerian Agama Provinsi.
  6. Kanwil Kementerian Agama Provinsi merekapitulasi siswa penerima manfaat dari Kankemenag Kabupaten/Kota serta menetapkan seluruh penerima BSM yng mempunyai KIP dan anak/siswa dari keluarga KPS/KKS menjdai penerima manfaat KIP.
  7. Kanwil Kementerian Agama Provinsi menerbitkan Surat Keputusan (SK) serta rekapitulasi siswa penerima manfaat program lantas mengirimkan salinan SK ke Kankemenag Kabupaten/Kota bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas diteruskan ke madrasah bagi atau bisa juga dikatakan untuk diinformasikan kepada siswa penerima manfaat program melalui KIP.
  8. Madrasah memberitahukan ke siswa/orangtua waktu pengambilan dana bantuan.
  9. Siswa/orangtua mengambil dana bantuan ke lembaga/bank penyalur yng ditunjuk.
Lihat pula: Cara Mengetahui Siswa Penerima PIP/BSMTahun Ini

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar

gambar KIPTahun Ini 1. Berasal dari keluarga pemilik KPS/KKS yng terdaftar di sekolah/madrasah serta memperoleh BSM di Tahun Ini.
2. Berasal dari keluarga pemilik KPS/KKS namun belum terdaftar menjdai penerima BSM di sekolah/madrasah.
3. Membawa KKS/KPS yng dimiliki beserta dokumen pendukung semisal Kartu Keluarga/KK ataupun Surat Keterangan yng menyatakan anak menjdai anggota keluarga KPS/KKS (andai anak/keluarga tak mempunyai KK) ke sekolah/madrasah tempat anak terdaftar.
4. Sekolah/madrasah akan mencatat data anak ke dalam daftar calon penerima KIP bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas direkap ke Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
5. Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota menyerahkan daftar rekap yang telah di sebutkan ke Kemendikbud/Kemenag.
6. Kemendikbud/Kemenag akan mencatat serta mengirimkan KIP tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa/anak ke alamat sekolah/keluarga.
BAca pula: Cara Cek Status Pencairan BSM/PIPTahun Ini
Kepala sekolah mengingatkan agar operator sekolah segera memasukkan data penerima KIP ke dalam apikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sinkronisasi data Dapodik serta otomatis para penerima KIP (nomor KIP) akan muncul sendiri pada software Dapodik. Akan tetapi yang dengannya syarat, nama siswa percis antara dapodik serta yng tertera di KIP.
Demikian wacana PIP melalui KIP Tahun Ini. Smeoga memberikan manfaat
sumber: pip.kemdikbud.go.id/
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/06/cara-mendapatkan-kartu-indonesia-pintar.html

Seputar Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Tahun Ini