Panduan Dapodik Tahun Ini Versi Revisi 30 Juli Tahun Ini Pdf

- April 30, 2017

Panduan Dapodik Tahun Ini Versi Revisi 30 Juli Tahun Ini Pdf

 
Download Panduan DapodikTahun Ini Versi Revisi 30 JuliTahun Ini Pdf - Sahabat guru-id, info ini adalah kabar gembira bagi sahabat operator pendataan sekolah se-indonesia, pasalnya selain installer dapodik telah mampu di unduh di web resmi dapodikdasmen, Panduan lengkap penggunaan App dapodik v.2016 pula telah mampu di download. Tim dapodik pusat Amat merekomendasikan sebelum mengerjakan dapodik V.2016 ini sebaikanya baca berlebi dahulu panduannya step by step agar tak gundah era pengerjaan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk permasalahan yng berhubungan yang dengannya dapodik silahkan baca FAQ dapodik yaitu Tanya Jawab Seputar DapodikTahun Ini.
Sahabat Operator Sekolah yng berbahagia, Admin sudah membaca tatacara dapodikTahun Ini ini, serta pendapat dari admin tatacara yng dibuat oleh Dirjen Dikdasmen revisi ini Amat lengkap penjelasannya lantaran di tampilkan secara detil melalui penjelasan serta Screenshoot menjdai petunjuk menjadikan akan lebih gampang dipahami pembaca. Selain itu Panduan ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan kemudahan kepada operator serta warga sekolah yng hendak mengimplementasikan App Dapodik VersiTahun Ini secara berdikari di sekolah. Melalui tatacara ini, diharapkan hal-hal yng terkait yang dengannya materi seputar implementasi App Dapodik VersiTahun Ini bisa dipahami serta dimaknai yang dengannya gampang. Penyusunan buku ini adalah upaya strategis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan kemudahan dalam memberikan berita yng luas kepada operator wacana penggunaan App Dapodik VersiTahun Ini dalam bentuk tatacara.
gambar Panduan DapodikTahun Ini Versi Revisi 30 JuliTahun Ini Pdf
Berikut merupakan daftar isi lengkap tatacara dapodik versiTahun Ini yng mampu dipelajari oleh rekan-rekan ops.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................ iii
BAB I INFORMASI UMUM .................................................................. 1
1.1 Penjelasan App ............................................................... 1
1.2 UU ITE ............................................................................ 4
1.3 Peran serta Tanggung Jawab .......................................................... 5
1.4 Kerahasiaan Data .................................................................. 6
1.5 Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware)............................................ 7
1.6 Spesifikasi Minimum Software (Operating System serta Browser) ............. 8
BAB II KETENTUAN UMUM ................................................................. 9
2.1 Kode Registrasi ................................................................... 9
2.2 Data Prefill ...................................................................... 9
2.3 Menjalankan App .............................................................. 10
2.4 Validasi .......................................................................... 10
2.5 Kuncian Data ...................................................................... 11
2.6 Versi App .................................................................... 11
BAB III INSTALASI APLIKASI DAPODIK .................................................... 13
3.1 Persiapan Instalasi ............................................................... 13
3.2 Langkah-langkah Instalasi App Dapodik ........................................ 22
3.3 Registrasi App Dapodik ....................................................... 27
3.4 Deinstalasi App Dapodik ...................................................... 33
BAB IV PENGENALAN APLIKASI ............................................................ 37
4.1 Tampilan serta Navigasi ............................................................. 37
4.2 Daftar Perbaikan serta Pembaruan .................................................... 44
BAB V DESKRIPSI PERBAIKAN DAN PEMBARUAN ............................................... 47
5.1 Sekolah ........................................................................... 47
5.2 Sarana serta Prasarana .............................................................. 52
5.3 Pendidik serta Tenaga Kependidikan (PTK) ............................................ 68
5.4 Peserta Didik ..................................................................... 85
5.5 Tabel Rombongan Belajar ........................................................... 103
5.6 Validasi serta Sinkronisasi ......................................................... 134
5.7 PIP (Program Indonesia Pintar) ..................................................... 146
5.8 1 App Bagi atau bisa juga dikatakan untuk 2 Sekolah ......................................................... 148
5.9 Pemetaan Operator Sekolah yng Merangkap
BAB I Berita Umum
1.1 Penjelasan App
Yang dengannya diterbitkannya Aturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 79 Tahun Ini wacana Data Pokok Pendidikan, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah diberikan kewenangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merancang prosedur pengumpulan data, melakukan sosialisasi serta membangun system pengumpulan serta penyimpanan data yng cepat serta efisien dan mengoordinasikan pengumpulan seluruh data pokok pendidikan dari satuan pendidikan yng berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah. Pengumpulan data pokok pendidikan yng dimaksud yakni meliputi pengumpulan, pengolahan, serta penyajian data serta berita pembelajaran, sarana serta prasarana, kelembagaan, serta peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, serta SLB.
Seiring yang dengannya diterbitkannya Aturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 11 Tahun Ini wacana Organisasi serta Tata Kerja Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan sudah terlaksana penyatuan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah. Oleh lantaran itu, dibutuhkan rancangan mekanisme pendataan yng mengikat seluruh unit kerja terkait, menjadikan terlaksana integrasi menyeluruh atas aktivitas pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah.
Upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewujudkan pendataan yng terintegrasi ini di lakukan yang dengannya membangun mekanisme serta App pendataan melalui satu pintu. System pendataan berbasis teknologi infromasi yng dibangun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah diberi nama System Data Pokok Pendidikan Dasar serta Menengah (DAPODIKDASMEN).
App Dapodik Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah pada tahun ajaranTahun Ini/2017 diberi nama App Dapodik VersiTahun Ini. App Dapodik VersiTahun Ini ini dikemas dalam bentuk installer yng bisa dipakai oleh seluruh jenjang pendidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah yakni jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
Otoritas data pemakain (username serta password) serta penambahan data PTK baru pada App Dapodik sudah diberikan pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, menjadikan andai terdapat pergantian operator sekolah serta/ataupun tambah PTK Baru, maka sekolah Perlu melapor serta berkoordinasi pada KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Data pemakain akan dipakai era mengunduh data prefill serta proses registrasi App Dapodik VersiTahun Ini.
gambar panduan dapodik revisiTahun Ini
App Dapodik VersiTahun Ini disajikan yang dengannya tranformasi tampilan baru yng lebih berwarna dari tampilan App generasi sebelumnya. Menu App yng sebelumnya terdapat atau terletak di atas kini disajikan di sisi kiri App dan andai dibutuhkan menu ini bisa disembunyikan. Sekolah pula bisa menampilkan foto sekolah serta operator sekolah melalui pengaturan menu profil pemakain.
Pendataan yang dengannya App Dapodik VersiTahun Ini ini wajib di lakukan oleh seluruh satuan pendidikan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah. App Dapodik VersiTahun Ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendata 4 (empat) entitas data pokok pendidikan, yakni: Data Satuan pendidikan, Pendidik serta Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, dan Substansi Pendidikan. Data pada App Dapodik bersifat individual, maka keempat entitas data pokok pendidikan yang telah di sebutkan Perlu diisikan secara lengkap serta terperinci mencakup seluruh atributnya. Di dalam App Dapodik VersiTahun Ini ini disediakan menu-menu yng mengakomodasi seluruh entitas data pokok pendidikan beserta prosedur transaksional secara periodik.
Pola input data masih dipertahankan percis yang dengannya App generasi sebelumnya. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk validasi data menjadi lebih ketat khususnya validasi data yng terkait yang dengannya data PTK. Pengiriman data masih mempergunakan system pengiriman 2 arah yaitu melalui metode sinkronisasi data.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung implementasi App Dapodik VersiTahun Ini agar berjalan yang dengannya baik, maka Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah menyusun Panduan Penggunaan App Dapodik VersiTahun Ini. Buku ini bisa menjadi tatacara sekolah dalam implementasi pendataan Dapodik, serta menjadi pedoman bagi petugas operator sekolah dalam melaksanakan peran serta tugasnya dalam input data serta operasional App Dapodik VersiTahun Ini.
BERSAMBUNG....
LANJUTKAN MEMBACA PANDUAN PENGGUNAAN DAPODIK VERSITahun Ini REVISI.PDF - KLIK DISINI
Demikian share Panduan Penggunaan DapodikTahun Ini Versi Revisi 30 JuliTahun Ini Pdf. Mudah-mudahan memberikan manfaat serta membantu rekan-rekan operator sekolah. Andai dibutuhkan kamu bisa mengunduh SK TIM Sekolah Aman Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pengisian Dapodik

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/08/panduan-dapodik-2016-versi-revisi-30.html

Seputar Panduan Dapodik Tahun Ini Versi Revisi 30 Juli Tahun Ini Pdf

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Panduan Dapodik Tahun Ini Versi Revisi 30 Juli Tahun Ini Pdf