Cara Menyusun RPP dan Komponen RPP Yang Perlu Diketahui Guru

- April 11, 2017

Cara Menyusun RPP dan Komponen RPP Yang Perlu Diketahui Guru

 
Cara Menyusun RPP dan Komponen RPP - ini tampakya butuh diketahui oleh para guru, lantaran yang dengannya lebih memahami komponen dan teknis penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini tentunya kelak akan lebih gampang disaat kamu membuat RPP. Sahabat guru, Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yng memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar
B. Apa Saja Komponen RPP itu?
RPP disusun bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap KD yng bisa dilaksanakan dalam satu kali pertemuan ataupun lebih. Guru merancang penggalan RPP bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap pertemuan yng disesuaikan yang dengannya penjadwalan di satuan pendidikan. Komponen RPP merupakan:
1. Identitas mata pelajaran, meliputi: Satuan pendidikan
Kelas
Semester
Program studi
Mata pelajaran ataupun tema pelajaran
Jumlah pertemuan
2. Standar kompetensi, adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yng menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yng diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ataupun semester pada suatu mata pelajaran.
3. Kompetensi dasar, merupakan sejumlah kemampuan yng Perlu dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu menjdai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4. Indikator pencapaian kompetensi, merupakan perilaku yng bisa diukur dan/ataupun diobservasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yng menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan yang dengannya mempergunakan kata kerja operasional yng bisa diamati dan diukur, yng mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5. Tujuan pembelajaran, menggambarkan proses dan hasil belajar yng diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai yang dengannya kompetensi dasar.
6. Materi ajar, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yng relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai yang dengannya rumusan indikator pencapaian kompetensi.
7. Alokasi waktu, ditentukan sesuai yang dengannya keperluan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8. Metode pembelajaran, dipakai oleh guru bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar ataupun seperangkat indikator yng sudah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan yang dengannya situasi dan kondisi peserta didik, dan karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yng hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9. Kegiatan pembelajaran: Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai suatu kompetensi dasar Perlu dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Dasarnya memang, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan
Pendahuluan/pembuka,
Kegiatan inti terdiri atas, eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi
Kegiatan penutup.
10. Penilaian hasil belajar, Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan yang dengannya indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
11. Sumber belajar, Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
gambar cara penyusunan RPP terbaru

Cara/LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RPP

Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dimulai dari mencantumkan Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian. Setiap komponen memiliki arah pengembangan masing-masing, akan tetapi seluruh adalah suatu kesatuan. Penjelasan tiap-tiap komponen merupakan menjdai berikut.
1. Mencantumkan Identitas
Terdiri dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu.
Hal yng butuh diperhatikan merupakan:
RPP boleh disusun bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu Kompetensi Dasar. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator bersumber dari silabus. (Standar kompetensi – Kompetensi Dasar – Indikator merupakan suatu alur pikir yng saling terkait tak bisa dijauhkan)
Indikator adalah:
  1. Tanda perilaku (bukti terukur) yng bisa memberikan gambaran bahwasanya peserta didik sudah mencapai kompetensi dasar
  2. Penanda pencapaian kompetensi dasar yng ditandai oleh perubahan perilaku yng bisa diukur yng mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  3. Dikembangkan sesuai yang dengannya karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah.
  4. Rumusannya mempergunakan kerja operasional yng terukur dan/ataupun bisa diobservasi.
  5. Dipakai menjdai dasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun alat penilaian.
Alokasi waktu diperhitungkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (semisal: 2 x 35/40/45 menit). Lantaran itu, waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai suatu kompetensi dasar bisa diperhitungkan dalam satu ataupun beberapa kali pertemuan bergantung pada kompetensi dasarnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya silahkan bapak ibu guru unduh secara lengkap panduannya DISINI
Demikian ihwal tips menyusun RPP beserta komponen yng butuh diketahui bapak ibu guru. Mudah-mudahan berguna, selanjutnya silahkan download Kumpulan RPP SMP Kelas VII, VIII, dan IX terbaru Kurikulum KTSP
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/cara-menyusun-rpp-dan-komponen-rpp-yang.html

Seputar Cara Menyusun RPP dan Komponen RPP Yang Perlu Diketahui Guru

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Menyusun RPP dan Komponen RPP Yang Perlu Diketahui Guru