Cara Pengisian Blangko Penilaian Data Adiwiyata Excel

- Agustus 10, 2017

Cara Pengisian Blangko Penilaian Data Adiwiyata Excel

 
Sahabat guru, pada posting sebelumnya sudah admin publikasikan penjelasan perihal Adiwiyata. pada penulisan postingan di artikel ini akan admin publikasikan secara lengkap mengenai Petunjuk Pengisian Blangko Penilaian Data Adiwiyata Excel secara terang. Nah bagi sekolah yng mendapatkan blangko penilaian menjdai peserta lomba sekolah Adiwiyata Tahun Ini mampu mengunduh perangkat lunak/blangko excel penilaian adiwiyata melalui tautan yng admin sematkan dibawah beserta file word yng berisi petunjuk serta tatacara pengisian sheet data adiwiyata secara lengkap.

Sebelum menuju topik pemaparan berikut merupakan contoh-contoh kegiatan adiwiyata yng dilaksanakan di sekolah
  1. Pemanfaatan benda bekas
  2. Siswa Cinta Limbah
  3. Presentase karya tulis serta penyuluhan lomba duta sanitasi tingkat sekolah
  4. Pengambilan sampel limbah trasi
  5. pengambilan sampel limbah krupuk
  6. pengambilan sampel limbah tempe
  7. Pengujian asam basa
  8. Pengujian Penetralan sampel
  9. Gerakan siswa cinta limbah pemanfaatan limbah domestik
  10. Majalah
  11. Majalah dinding
  12. buletin
  13. pameran
  14. web site
  15. Radio
  16. TV
  17. Surat Kabar
  18. Jurnal
  19. Pemeilharaan gedung sekolah serta lingkungan
Bapak ibu mampu mengunduh perangkat lunak excel serta petunjuk adwiyata melalui tautan dibawah
  • Petunjuk Pengisian Blangko Adwiyata - Download
  • Blangko App Excel Adiwiyata - Download
Adapun pada perangkat lunak blangko adiwiyata yng dimaksud didalamnya terdapat sheet-sheet yng terdiri dari:
  • Form: Berisi penilaian perihal kebijakan berwawasan lingkungan sesuai KTSP serta dilengkapi ataupun dilampiri yang dengannya bukti fisik
  • KTSP: berisi Hasil wawancara /berita umum pemahaman visi, misi serta tujuan. Selain itu dilengkapi pula yang dengannya lampiran File
  • Silabus: berisi lampiran file Jumlah Guru yang dengannya mapel yng memiliki silabus serta RPP perihal PPLH. Butuh diketahui kalau SILABUS serta RPP Masing-masing Guru Yng Berhubungan Yang dengannya Lingkungan
  • RKAS: Pada sheet ini sekolah Perlu mengisikan Rencana Anggaran belanja Sekolah (RAPBS) perihal Kegiatan adiwiyata serta pula sumber dana nya
  • Laporan Kegiatan: Pada sheet ini diisi kegiatan adwiyata sekolah, semisal yng dituliskan pada "contoh kegiatan diwiyata diatas"
  • Kegiatan Siswa: Silahkan lampirkan foto-foto kegiata adwiyata oleh siswa
  • Foto Sarana Prasarana: CUkup terang
  • Pengelolan sarana serta prasarana sekolah
  • Profil sekolah
  • SK Adiwiyata Sekolah: Bagi bapak ibu guru yng butuh format SK nya silahkan download melalui link berikut
  • Evaluator: berisi data Evaluator tingkat kab/koya, propinsi serta nasional
  • Penyelasaian: Berisi data kelengkapan Elektronik pendukung pada setiap sheet

Cara Pengisian Blangko Penilaian Data Adiwiyata Excel

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah sekolah pelaksana Adiwiyata dalam pengisian blangko penilaian adiwiyata, pastikan mengikuti langkah-langkah dibawah
I. Cara Mengaktifkan Program Makro Data Evaluasi Sekolah :
Program pengisian data Evaluator AdiWiyata mempergunakan program Macro Excel. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankannya, kamu butuh memeriksa apakah setting program excel kamu telah di-set bagi atau bisa juga dikatakan untuk memungkinkan program ini bisa berjalan yang dengannya baik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kamu butuh memeriksa/mengaktifkan Excel agar bisa menjalankan Macro. Petunjuk tips mengaktifkannya merupakan semisal di bawah ini:
  1. Jalankan Program Excel, serta Buka “excel options” semisal petunjuk pada gambar berikut:
  2. gambar mengaktifkan macro excel
  3. Pilih serta aktifkan “Show Developer Tab in the Ribbon”, sesudah itu klik “Ok”.
  4. Bila muncul notifikasi, klik enable pilih oke
Catatan: Bila lantaran satu serta lain hal program makro tetap tak bisa dijalankan pada komputer kamu. Andat tetap Perlu mempergunakan file xls ini. Ikuti langkah-langkah yng percis, namun pengisian nilai hasil evaluasi akan kamu isi langsung pada worksheet “Cadangan Pengisian Manual” semisal gambar berikut. Ingat, worksheet cadangan ini cuma kamu pergunakan bila Makro tak mampu aktif pada komputer kamu !
II. Cara Pengisian Data Evaluasi:
A. Cara penamaan file excel sebelum memeriksa sekolah
1. Bukalah file “Revised-Adiwiyata Mandiri.xls”, lantas “Save As”, kasih nama sesuai nama sekolah calon Adiwiyata Madiri yng akan di-evaluasi. Menjdai Semisal, bila nama sekolah calon Adiwiyata Madiri merupakan “SMPN 3 Rambang Dangku”, maka simpen file (Save-As) yang dengannya nama “Adiwiyata Mandiri SMPN 3 Rambang Dangku.xls”.
Bukalah File “Revised-Adiwiyata Sekolah Binaan.xls”, lantas “Save As”, kasih nama sesuai nama sekolah binaan dari calon Adiwiyata Mampu berdiri diatas kaki sendiri. Menjdai semisal, bila ada 3 sekolah binaan yng akan diperiksa yang dengannya nama sekolah menjdai berikut:
- SMPN 1 Rambang Dangku
- SMA N 1 Muara Enim
- SDN 14 Rambang Dangku
Maka kamu Perlu “Save As”, menyimpan file sekolah binaan sebanyk 3 kali, serta memiliki file menjdai berikut:
- “Adiwiyata Binaan SMPN 1 Rambang Dangku.xls”
- “Adiwiyata Binaan SMA N 1 Muara Enim.xls”
- “Adiwiyata Binaan SDN 14 Rambang Dangku.xls”
Sebaiknya kamu membuat serta mempersiapkan (Save-As) semua-file-file sekolah yng akan di-evaluasi sebelum mengawali kegiatan/kunjungan.
B. Cara pembuatan hyperlink yng menghubungkan file excel Sekolah Mampu berdiri diatas kaki sendiri yang dengannya file excel Sekolah Binaan.
  1. Bukalah file “Makro-Adiwiyata MAndiri…. .xls”, serta pilih worksheet “Sklh Binaan” semisal pada gambar di bawah.
  2. Pilihlah cell “Link to xls sekolah….” Yng bersangkutan, Klik Kanan, serta pilih ‘Hyperlink’
  3. gambar cara bikin hyperlink
  4. Sesudah itu pilihlah file xls “Makro-Adiwiyata Binaan……” dari sekolah yng sesuai semisal pada semisal di bawah; lantas klik “Ok”.
  5. Ulangi langkah-langkah yang telah di sebutkan, serta hubungkan (buat hyperlink) bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh sekolah binaan.
E. Kelengkapan data teknis yng butuh diserahkan ke kantor KLH
Menjdai pengingat, hasil kerja kamu seluruh akan menjadi masukan bagi Badan Pertimbangan yng akan mengeluarkan keputusan perihal sekolah-sekolah yng masuk nominasi Adiwiyata. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu hasil kerja kamu seluruh Amat diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa di-review yang dengannya baik. Berikut beberapa hal yng butuh di lakukan/diperiksa ulang dari laporan teknis hasil evaluasi sebelum diserahkan ke kantor kementerian Lingkungan HiduP (KLH)
1. File xls dari masing-masing sekolah mampu berdiri diatas kaki sendiri serta masing-masing sekolah binaan-nya yng telah diisi sesuai hasil evaluasi. (salah satunya data profil sekolah serta data para evaluator yng meng-evaluasi).
2. File-file pendukung (softcopy) dari KTSP, RKAS, silabus, serta sebagainya yng telah diberi nama file yang dengannya awalan nama sekolah.
3. File-file gambar serta foto hasil kunjungan/pemeriksaan, yang dengannya nama file yng telah diberi awalan nama sekolah.
4. Seluruh berkas (softcopy) Perlu telah terekam pada flashdisk yng telah diberi nama bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembalikan di kantor LH.
5. Berkas-berkas lain yng berhubungan yang dengannya kegiatan evaluasi.
Demikian share Cara Pengisian Blangko Penilaian Data Adiwiyata Excel bagi sekolah yng mengikuti lomba Sekolah adiwiyata Tahun Ini. Fel lengkap petunjuk pengisian mampu di unduh melalui link berikut. Terimakasih
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/10/cara-pengisian-blangko-penilaian-data.html

Seputar Cara Pengisian Blangko Penilaian Data Adiwiyata Excel

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Pengisian Blangko Penilaian Data Adiwiyata Excel