Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar
Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar | Referensi terbaru di 2017 via web Guru Sekolah. Rekomendasi konten lengkap terbaik. - Guru Sekolah. Artikel ini di beri judul Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar. Konten ini untuk anda pembaca setia https://gurusekolah-id.blogspot.com/. Bagikan juga postingan Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar terbaru ini ke media kalian. Supaya blog seputar Guru Sekolah dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Guru Sekolah di 2017 ini. Langsung saja baca dan simak mengenai Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar di bawah ini dari situs web Guru Sekolah.Didasari pedoman guru pembelajar kemdikbud, maka pada BAB V yaitu EVALUASI DAN SERTIFIKAT dijelaskan mengenai system ataupun mekanisme penilaian Guru Pembelajar menjdai berikut
A. Evaluasi Evaluasi program peningkatan kompetensi guru pembelajar di lakukan secara komprehensif, meliputi: penilaian terhadap peserta, penilaian terhadap fasilitator, serta penilaian terhadap penyelenggaraan kegiatan. Yang akan di sajikan kali ini dijelaskan masing-masing penilaian menjdai berikut.
1. Penilaian Terhadap Pesertaa. Tujuan Penilaian
Didasari pedoman guru pembelajar kemdikbud, maka pada BAB V yaitu EVALUASI DAN SERTIFIKAT dijelaskan
A. EvaluasiPenilaian terhadap peserta bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur kompetensi peserta melalui ketercapaian indikator kompetensi serta kesuksesan tujuan pembelajaran. Penilaian dilaksanakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi sesuai yang dengannya kelompok kompetensi yng dipelajari. b. Aspek Penilaian Aspek yng dinilai mencakup pengetahuan, sikap, serta keterampilan. Penilaian di lakukan melalui tes bagi atau bisa juga dikatakan untuk aspek pengetahuan mencakup kompetensi profesional serta pedagogik, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk aspek sikap serta keterampilan mempergunakan instrumen nontes melalui pengamatan selama kegiatan berlangsung yang dengannya mempergunakan format-format penilaian yng sudah disediakan.
c. Jenis Instrumen serta Lingkup Penilaian Peserta1) Tes
Tes akhir di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur pengetahuan peserta secara menyeluruh sesudah mengikuti proses pembelajaran. Penilaian mempergunakan metode penilaian acuan patokan (PAP). Tes mencakup kompetensi profesional serta pedagogik pada aspek pengetahuan didasari indikator pencapaian kompetensi dari setiap materi sebagaimana yng tercantum dalam struktur program.
Tes akhir di lakukan secara online segera sesudah peserta menyelesaikan kegiatan pembelajaran. Tes akhir di lakukan oleh peserta secara modular (sesuai kelompok kompetensi yng dipelajari) di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yng sudah ditentukan oleh PPPPTK/LPPPTK KPTK sesuai yang dengannya mekanisme UKG. Dalam kondisi tes akhir tak bisa di lakukan secara online maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk ketuntasan program dimungkinkan pelaksanaan tes akhir secara offline serta hasil nya diolah yang dengannya mempergunakan system yng sudah dibangun. Penetapan TUK bisa di lakukan yang dengannya memverifikasi TUK Tahun Ini yng sekalian menjadi Pusat Belajar Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar.
a) Bentuk Tes serta Jumlah soal Tes yng dikembangkan dalam bentuk pilihan ganda. Jumlah soal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguji penguasaan materi profesional serta pedagogik dalam satu kelompok kompetensi sejumlah 30 soal yang dengannya proporsi 10 soal kompetensi pedagogik serta 20 soal kompetensi profesional.
b) Kondisi Pelaksanaan Tes Tes dilaksanakan di TUK yng sudah ditetapkan dalam situasi yng bebas dari hal-hal yng mengancam reliabilitas, antara lain: (1) jarak tempat duduk; (2) penerangan lampu; (3) ketenangan suasana; (4) kebugaran atau kesehatan peserta; (5) kerahasiaan perangkat tes; (6) ketersediaan lembar jawaban; (7) kejelasan petunjuk pengerjaan; (8) kecukupan alokasi waktu; (9) pengawasan dari penguji/panitia; serta (10) hal-hal lain yng bisa mengganggu pelaksanaan tes. Pelaksanaan tes diupayakan dalam kelompok belajar di kelas Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar.
Alokasi Waktu Tes memerlukan alokasi waktu selama 1 jam pelajaran ataupun 45 menit bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu kelompok kompetensi.
2) Non Test Non test di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menilai proses selama kegiatan berlangsung. Penilaian proses di lakukan di setiap materi pembelajaran. Penilaian proses mempergunakan instrumen dilengkapi yang dengannya kriteria penilaian. Lingkup penilaian proses menjdai berikut.
Rekapitulasi Nilai Akhir Peserta Guru Pembelajar
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan kualitas pelaksanaan pembelajaran, kepada seluruh peserta baik Pembekalan Narasumber Nasional/Pengampu, Pembekalan Instruktur Nasional/Mentor, ataupun Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar akan di lakukan penilaian baik tes serta non test yng hasil nya direkap dalam bentuk nilai akhir.
Nilai Akhir Pembekalan Narasumber Nasional/Pengampu serta Pembekalan Instruktur Nasional/Mentor Nilai Akhir (NA) Pembekalan Narasumber Nasional/Pengampu serta Pembekalan Instruktur Nasional/Mentor mempergunakan rumus menjdai berikut:
- NA = [x 70%]+[TAx 30%]
- NA = Nilai Akhir
- NS = Nilai Sikap (rerata dari seluruh aspek sikap yng jadi penilaian)
- NK = Nilai Keterampilan (rerata dari seluruh materi)
- TA = Nilai Tes Akhir (Tes Pengetahuan)
Peserta Pembekalan Narasumber Nasional/Pengampu yng bisa ditetapkan menjdai Narasumber Nasional/Pengampu mempunyai Nilai Akhir ≥ 80 sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Peserta Pembekalan Instruktur Nasional/Mentor yng bisa ditetapkan menjdai Instruktur Nasional/Mentor mempunyai Nilai Akhir ≥ 70.
Nilai Akhir Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Nilai akhir (NA) peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Tatap Muka diperoleh dari 3 komponen yakni penilaian pengetahuan, sikap, serta keterampilan. Penentuan nilai akhir peserta mempergunakan formulasi menjdai berikut.
1) Formulasi penentuan nilai akhir peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar bagi guru kelas, guru mapel, serta guru BK ditetapkan menjdai berikut.
- NA = [x40%]+[TAx 60%]
- NA = Nilai Akhir
- NS = Nilai Sikap (rerata dari seluruh aspek sikap yng jadi penilaian)
- NK = Nilai Keterampilan (rerata dari seluruh materi)
- TA = Nilai Tes Akhir (Tes Pengetahuan)
2) Formulasi penentuan nilai akhir peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar bagi guru kejuruan
- NA =[x60%]+[TAx 40%]
- NA = Nilai Akhir
- NS = Nilai Sikap (rerata dari seluruh aspek sikap yng jadi penilaian)
- NK = Nilai Keterampilan(rerata dari seluruh materi)
- TA = Nilai Tes Akhir (Tes Pengetahuan)
3) Formulasi penentuan nilai akhir peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar moda daring
- NA =[(PD x10%)+(TS x50%)+(TAx 40%)]
- NA = Nilai Akhir
- PD = Penilaian Diri
- TS = Tes Sumatif
- TA = Nilai Tes Akhir
DEmikian share wacana Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar yng mampu admin bagikan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya silahkan download pedoman Moda Tatap Muka, Dalam Jejaring (Daring), serta Daring Kombinasi guru pembelajar melalui link berikut. Terimakasih
Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/09/nilai-akhir-para-peserta-guru-pembelajar.html
Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/09/nilai-akhir-para-peserta-guru-pembelajar.html
Seputar Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar
Terima kasih telah membaca Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar. Semoga pos dari situs web Guru Sekolah berguna dan memberi manfaat. Baik untuk anda dan buat website Guru Sekolah. Silakan berbagi ulasan Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Guru Sekolah melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog Guru Sekolah untuk mendapat info lengkap terbaru 2017. Lalu baca pembahasan selain dari : Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar yang lebih terupdate lengkap dan free. Atau simak artikel gratis terkait dari situs web Guru Sekolah di bawah. Demikan dan sekian tentang Nilai Akhir Para Peserta Guru Pembelajar. Dan Assalamualaikum pembaca Guru Sekolah.
Advertisement
Tidak ada komentar:
Posting Komentar