Pedoman Evaluasi Diri Sekolah (eds) Tahun Ini

- Mei 07, 2017

Pedoman Evaluasi Diri Sekolah (eds) Tahun Ini

 
Telah adakah Pedoman Penyusuan Evaluasi diri Sekolah (eds) Tahun Ini? Sahabat guru-id bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjawab pertanyaan kamu, kami sudah mencarinya baik lewat sosial media ataupun google, akan tetapi belum didapati. Akan tetapi kamu tak butuh khawatir sementara ini silahkan kamu baca serta pahami pedoman Eds Tahun Ini, pendapat dari saya tak akan tidak sedikit perubahan yang dengannya tahun saat ini. Sebagaimana yng kamu ketahui pedoman eds dibutuhkan oleh Pengawas serta Kepala Sekolah. Secara substantif, pedoman ini terdiri atas 5 bagian, yakni Pendahuluan, Program Pelatihan, Mekanisme Pelatihan, Evaluasi, serta Penutup. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperjelas berita ini, maka langsung saja kami bagikan pedoman lengkap tatacara penyusunan Evaluasi Diri Sekolah (eds).
Jangan tidak ingat lihat pula: Penjelasan Ihwal Evaluasi Diri Sekolah (EDS)/p>
gambar pedoman evaluasi diri sekolah Tahun Ini
DAFTAR ISI PEDOMAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DAFTAR ISI
  1. SAMBUTAN.................................
  2. KATA PENGANTAR ..............................
  3. DAFTAR ISI .................................
  4. PETA KONSEP ..................................
  5. GLOSARIUM .......................................
  6. PENDAHULUAN .....................................
  7. Petunjuk Pembelajaran ...........................
  8. Kompetensi Yng Akan Dicapai .....................
  9. Ruang Lingkup Materi .............................
  10. Langkah - Langkah Pembelajaran.....................
  11. Penilaian .........................................
II. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 : KONSEP DAN PRINSIP EVALUASI DIRI SEKOLAH
  1. Deskripsi Materi ...................................
  2. Tujuan Pembelajaran ....................................
  3. Uraian Materi ..........................................
  4. Aktivitas Pembelajaran..................................
  5. Rangkuman …………………………………………………………………….
III. KEGIATAN PEMBELAJARAN 2: INSTRUMEN EDS 10
  1. Deskripsi Materi ..........................
  2. Tujuan Pembelajaran ...........................
  3. Uraian Materi .................................
  4. Aktivitas Pembelajaran.........................
  5. Rangkuman.........
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN 3: RENCANA KERJA SEKOLAH 16
  1. Deskripsi Materi ....................................
  2. Tujuan Pembelajaran ......................................
  3. Uraian Materi ..............................................
  4. Aktivitas Pelatihan ………………………………………………………………...
  5. Rangkuman ………………………………………………………………………...
  6. DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………
  7. LAMPIRAN ………………………………………………………………………
SAMBUTAN KEPALA BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, serta Guru, adalah tiga pilar penting dalam mewujudkan pelaksanaan Kurikulum. Efektifitas ketiga pilar dalam melaksanakan tugas serta fungsinya, Amat menentukan kesuksesan penyelenggaraan pendidikan, salah satunya dalam mengimplementasikan Kurikulum. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa melaksanakan tugas fungsinya yang dengannya baik, ketiganya Perlu didukung oleh kompetensi yng memadai sesuai yang dengannya tuntutan yng dipersyaratkan. Oleh lantaran itu, peningkatan kompetensi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Perlu di lakukan secara sistemik, sistematis, serta berkelanjutan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan yang telah di sebutkan di atas, Badan Pengembangan Sumber Daya Kita-kita Pendidikan serta Kebudayaan serta Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK serta PMP) melalui Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan sudah menyusun pedoman pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum. Pedoman yng tersusun diharapkan bisa dijadikan menjdai acuan dalam melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum.
Pedoman Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum ini memuat Pendahuluan, Program Pelatihan, Mekanisme Pelatihan, Evaluasi, serta Penutup. Di samping itu, terdapat lampiran yng memuat format administrasi penyelenggaraan, format penilaian, penjadwalan, instrumen evaluasi penyelenggaraan, tata tertib, sistematika laporan, format Surat Ciri Tamat Pendidikan serta Pelatihan, serta silabus setiap materi pelatihan.
Pada peluang ini saya mengucapkan Terimakasih dan penghargaan atas
perjuangan serta dedikasi tinggi para pengembang materi, penyusun pedoman, serta perangkat pelatihan lain-lainnya. Mudah-mudahan keberadaan Pedoman ini bisa berkontribusi positif terhadap efektivitas pelatihan yng diiringi harapan yang dengannya terlaksana kurikulum secara efektif bisa menaikan mutu lulusan dari seluruh jenjang pendidikan.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yng Maha Esa bahwasanya Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumberdaya Kita-kita Pendidikan serta Kebudayaan serta Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan sukses menyusun Pedoman Penyelenggaraan Peningkatan Kompetensi Pengawas Sekolah serta Kepala Sekolah Dalam Mengelola Kurikulum. Pedoman ini akan dipakai menjdai acuan dalam melaksanakan Kegiatan ToT Narasumber Nasional Kurikulum Bagi Kepala Sekolah Tahun Ini, baik di tingkat penyiapan Narasumber Nasional, Pengawas Sekolah serta Kepala Sekolah Sasaran.
Pedoman ini memberikan acuan umum bagi seluruh lembaga penyelenggara terkait, agar melaksakan Pelatihan yang dengannya baik serta terkendali sesuai yang dengannya konsep serta nilai historis perubahan kurikulum yng berlaku secara nasional. Secara substantif, pedoman ini terdiri atas 5 bagian, yakni Pendahuluan, Program Pelatihan, Mekanisme Pelatihan, Evaluasi, serta Penutup.
Kepada seluruh pihak yng sudah berperan aktif dalam penyusunan pedoman ini, kami ucapkan Terimakasih serta penghargaan atas dedikasi serta sumbangan pemikirannya. Mudah-mudahan pedoman ini bisa memberikan manfaat positif terhadap pelaksanaan Pelatihan Kegiatan ToT Narasumber Nasional Kurikulum Bagi Kepala Sekolah Tahun Ini dalam rangka menaikan mutu pendidikan di Indonesia.
gambar peta konsep eds Glosarium
Analisis Data
merupakan Suatu proses bagi atau bisa juga dikatakan untuk membandingkan ataupun mempertanyakan data kuantitatif serta kualitatif terhadap standar serta indikator yng disepakati bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat apa yng dimaksud oleh data yang telah di sebutkan serta kenapa hal itu terlaksana.
Agregasi
Penggabungan, pengumpulan, serta ringkasan data yng terkumpul menjadi kelompok yng berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu kita mengidentifikasi keseringan serta isu-isu yng terlaksana pada sekelompok responden.
Data Kualitatif
Data yng disajikan dalam bentuk kata-kata yng memiliki kandungan makna
Data Kuantitatif
Data kuantitatif merupakan data yng dipaparkan dalam bentuk angka-angka
Efisiensi
Tingkat ketercapaian program dibandingkan yang dengannya sumberdaya yng dipakai.
Evaluasi
Proses pengukuran akan efektifitas taktik yng dipakai dalam upaya mencapai tujuan
Indikator
Jabaran pokok-pokok penting dari suatu komponen ataupun bukti yng Perlu ditunjukkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlihatkan bahwasanya komponen yang telah di sebutkan tercapai ataupun tak.
Keefektifan
Suatu kegiatan, proses, program, serta hal lain-lainnya yng dianggap efektif andai bisa mencapai hasil akhir yng direncanakan yng bisa terus berjalan (sustainable).
Mutu
Kualitas yng diukur didasari relevansi, efisiensi, keefektifan serta dampak dari program, proses ataupun tindakan. Mutu mengukur sampa dimana unit ataupun system sudah mencapai SPM serta SNP.
Peningkatan Mutu
Proses yng berkelanjutan dalam membuat seluruh kegiatan lebih baik didasari siklus penjaminan mutu yng berkelanjutan serta perencanaan peningkatan mutu di seluruh unit pada seluruh tingkatan dalam system.
Penjaminan Mutu
Serangkaian proses serta system yng saling terkait bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengumpulkan, menganalisa, serta membuat laporan data mengenai kinerja serta mutu dari tenaga kependidikan, program serta lembaga.
Rencana Kegiatan serta Anggaran Sekolah (RKAS)
Rencana biaya serta pendanaan program/kegiatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu tahun anggaran baik yng bersifat strategis maupun rutin, mencakup seluruh biaya serta pendanaan yng ada pada Rencana Kegiatan Tahunan.
Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)
Rencana kerja sekolah yng menggambarkan tujuan yng akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yng berkaitan yang dengannya mutu lulusan yng ingin dicapai serta perbaikan komponen yng mendukung peningkatan mutu lulusan sekolah.
Rencana Kerja Sekolah (RKS)
Sebuah rencana strategis sekolah yng disusun menjdai acuan pengembangan program sekolah di masa yng akan datang yng diperoleh melalui suatu proses yng sistematis serta berkesinambungan yang dengannya memperhitungkan potensi, kesempatan serta kendala yng ada ataupun atas dasar prediksi terhadap mungkin perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi.
Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Kriteria minimal perihal system pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Standar Pelayanan Minimal (SPM)
Jenis serta tingkat pelayanan pendidikan minimal yng Perlu disediakan oleh satuan ataupun program pendidikan, penyelenggara satuan ataupun program pendidikan, pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten ataupun kota sebagaimana diatur dalam Aturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 perihal Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, serta Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.
Tim Pengembang Sekolah (TPS)
Tim pengembang yng bertugas menyusun rekomendasi rencana kerja sekolah yng dipilih secara musyawarah serta ditetapkan oleh kepala sekolah terdiri atas kepala sekolah, wakil unsur guru, wakil komite sekolah, wakil orang tua siswa, serta pengawas menjdai fasilitator/ pembimbing/verifikator.
Jangan tidak ingat download pula App Eds terbaru bagi atau bisa juga dikatakan untuk SD, SMP, SMA serta SMK
Nah bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya silahkan Download Pedoman Evaluasi Diri Sekolah (eds) Tahun Ini melalui Link berikut. Terimakasih
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/08/pedoman-evaluasi-diri-sekolah-eds-tahun.html

Seputar Pedoman Evaluasi Diri Sekolah (eds) Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Pedoman Evaluasi Diri Sekolah (eds) Tahun Ini