4 Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah

- Mei 23, 2017

4 Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah

 
Blog guru-id.com menyediakan format semisal SK Tim Akreditasi Sekolah bagi atau bisa juga dikatakan untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA) serta pula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Akan tetapi sebelum menuju topik, kami akan mengulas tidak banyak perihal bagaimana agar kegiatan Akreditasi di sekolah berjalan yang dengannya lancar menjadikan memperoleh nilai yng baik ataupun memenuhi target dalam artian berhasil. Nah melalui posting ini kami akan membagikan tidak banyak pengalaman perihal Akreditasi Sekolah.
Akreditasi sekolah itu apa sih?, sahabat pendidik Akreditasi sekolah merupakan kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis serta komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri serta evaluasi eksternal (visitasi) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan kelayakan serta kinerja sekolah. Saat ini ada Sebuah pertanyaan Simpel, Kenapa butuh membentuk Tim Akreditasi? Lantaran ada 8 standar perangkat akreditasi sekolah yng Perlu dipersiapkan. Masing-masing standar itu terdiri dari 1 sd 50 pertanyaan serta setiap pertanyaan yng dijawab Perlu dilampiri yang dengannya bukti fisik, nah andai tak membentuk tim , maka akan kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyelesaikannya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya berikut kunci berhasil akreditasi sekolah yng mampu bapak ibu terapkan
1. Buat SK Tim Akreditasi Sekolah gambar sk tim akreditasi Sekolah
Satu dari sekian banyaknya kenapa sekolah Suka gagal ataupun kesulitan pada era pelaksanaan kegiatan akreditasi sekolah merupakan tak adanya tim menjadikan era kegiatan berlangsung sekolah resah serta masih mencari kesana kemari berkas yng diminta pengawas, yng lebih parah berkas tak didapati menjadikan tak ada bukti fisik, kalau telah begini pasti bisa nilai nol. Oleh lantaran itu persiapkanlah mulai dari saat ini SK Tim Akreditasi, ingat ini tugas kepala sekolah
2. Adakan Rapat Kecil Tim Akreditasi Sekolah
Sesudah SK dibuat pengertiannya tim akreditasi sudah terbentuk. selanjutnya adakan rapat kecil bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjelaskan bagaimana proses kerja tim agar berjalan yang dengannya baik. Didasari pengalaman admin yng pernah menjadi tim akreditasi, seluruh tim diberikan Format/blangko masing-masing standar berupa pertanyaan perihal bukti-bukti fisik yng butuh dipersiapkan menjadikan nantinya seluruh tim paham tugasnya.
3. Pelajari KOmponen Akreditasi Sekolah Berikut
KOMPONEN NO. BUTIR BUKTI FISIK KETERANGAN
1.STANDAR ISI
Buku I KSTP (landasan) Terdiri dari: BAB I Pendahuluan a. Latar Belakang b. Tujuan c. Prinsip KTSP (sesuai karakteristik sekolah/ madrasah)
BAB II Tujuan a. Tujuan Pend b. Visi c. Misi d. Tujuan Sekolah/ Madrasah
BAB III Struktur serta Muatan KTSP a. Mapel b. Mulok c. Kegiatan Pengem-bangan Diri d. Pengaturan beban belajar e. Ketuntasan belajar f. Kenaikan kelas serta kelulusan g. Pend.Kecakapan hidup h. Pendidikan berbasis keunggulan lokal serta global
BAB IV Kalender Akademik
1 Buku Dokumen I KTSP
2 Informasi Acara Pengembangan Kurikulum dilampiri undangan, daftar hadir, risalah SK Tim Pengembang Kuikulum
3 Buku I KSTP
4 1. Informasi Acara Rapat Perencanaan Penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 2. BA Pelaksanaan Workshop penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 3. BA Reviu serta Revisi dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 4. BA Finalisasi KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 5. BA Pemantapan serta Penilaian dilampiri undangan, daftar hadir, risalah. 6. BA pendokumentasian dilampiri dokumen, print out KTSP serta softcopy.
5 1. Dokumen pelaksanaan pengembangan diri: 2. Dokumen pengajian, pramuka, PMR, remidi, dokumen pembelajaran di luar kelas/di alam, kegiatan sosial, budaya. 3. Buku KTSP
6 Buku sumber mapel Mulok Kabupaten Perlu tim penyusunnya melibatkan instansi terkait, Dewan Pendidikan, Ketua PGRI.
7 4 jenis layanan BK
8 Program Ekstrakurikuler (minimal 4 jenis kegiatan ekstra).
9 Silabus kesesuaian SK, KD, Indikator.
10 1. Jadwal pelajaran RPP, jurnal mengajar. 2. Catata satu jam tatap muka 35 menit 3. Jumlah jam pelajaran per minggu kelas I – III = 29-32 jam; kelas IV-VI = 34 jam 4. Jumlah minggu efektif per tahun 34 – 38 minggu
11 Dokumen tugas terstuktur serta tak terstruktur hasil nya yng sudah ditandatangani OT serta sudah dinilai (bila media memungkinkan serta nilai)
12 1. Dokumen II KTSP, Silabus, RPP 2. Permendiknas 22 serta 23 Tahun 2008. 3. BA penyusunan KTSP serta risalahnya
13 1. Silabus setiap kelas, lihat aspek yng termuat dalam silabus (ada 7 langkah) 2. SK serta KD, Materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator jenis penilaian yng dipakai alokasi waktu sumber belajar.
14 Silabus setiap mapel disusun oleh guru

15 Silabus setiap mapel (sekolah Perlu punya)
16 BA rapat dewan guru yng membahas KKM dilampiri daftar haidr, serta risalah rapat.
17 1. Dokumen proses penentuan KKM (risalah rapat) Perlu memuat unsur: 2. Karakteristik siswa, karakteristik mapel, kondisi satuan pendidikan
18 1. Kalender kademik sekolah, minimal ada 4 kegiatan: a. Awal tahun b. Minggu efektif c. Waktu pembelajaran efektif d. Hari libur 2. Idealnya rinci seluruh kegiatan yng di lakukan sekolah/madrasah
II.STANDAR PROSES 19 RPP setiap maple 10 A, 7-9 B, 4-6 C
20 RPP penyusunannya memperhatikan 6 prinsip 76% lebih A, 51-75 B, 26-50 C, 1-25 D
21 Observasi pembelajaran, Perlu memenuhi 4 syarat: 1) jumlah PD/kelas 28, 2) beban mengajar guru minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu, 3) buku teks pemilihannya lewat rapat guru yang dengannya pertimbangan komite (lampiran BA, rapat pemilihan buku) yng diketahui komite, rasio ini didampingi oleh buku pengayaan (LKS), rujukan sumber lain-lainnya serta, 4) pengelolaan kelas mengikuti kaidah: a-k
22 Hasil supervisi kepala sekolah (instrumen yng sudah terisi hasil supervisi) Persentase = no 20
23 Buku II (RPP), dilihat apakah kelas I-III mempergunakan pendekatan tematik 3 kelas tematik A
24 Buku II (RPP), dilihat apakah kelas IV-VI mempergunakan pendekatan maple 3 kelas mapel A
25 1. Program pengawasan kepala sekolah 2. Buku tamu kelas 3. Hasil pemantauan/monitoring PBM oleh sekolah yng meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar
26 Laporan pelaksanaan supervisi pembelajaran yng meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi yang dengannya 4 tips: pemberian semisal, diskusi, pelatihan, konsultasi.
27 Dokumen hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah
28 Laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan
29 Dokumen tindak lanjut (memberikan reword, panishment, pemberian peluang para guru mengikuti pelatihan/penataran Persentase = no 20
III.STANDAR KELULUSAN 30 Buku I KTSP (lihat KKM kelompok mapel (IPTEK)) KKM 75/lebih A, 70-74,99 B, 65-69,99 C. 60-64,99 D
31 Dokumen pemanfaatan bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, internet
32 RPP IPA serta RPPS IPS
33 Dokumen mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, ke museum, cagar budaya, serta lain-lain Misalnya beupa surat permohonan ke pengelola museum, cagar budaya, serta lain-lain
34 RPP seluruh mapel (membaca serta menulis) Persentase = no 20
35 RPP seluruh mapel (menunjukan kecintaan serta kepedulian terhadap lingkungan sosial serta fisik)
36 Dokumen kegiatan seni serta budaya (foto) Pentas seni, pameran lukisan, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni 4 jenis kegiatan A
37 - Tata tertib sekolah - Dokumen sosialisasi tata tertib sekolah - Catatan pelanggaran tata tertib sekolah Tak ada PD yng melanggar A
38 Dokumen kegiatan satu tahun perihal: - Peringatan hari besar nasional - Peringatan hari besar agama - Pentas seni budaya banyak sekali negara - Peringatan bulan bahasa nasional & internasional 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D
39 - Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan yng dilaksanakan setiap minggu sekali. Misal Jum'at bersih. - Program sekolah perihal 5K - Tempat cuci tangan setiap kelas/ruang - Program serta tempat menggosok gigi PD - Tempat sampah di setiap ruang
40 Dokumen kegiatan menjalankan ajaran agama: - Pembiasaan memberikan salam - Pembiasaan membaca doa - Pembiasaan beribadah - Sholat dhuhur berjamaah - Infaq Jum'at - Kegiatan lain bernuansa keagamaan Setiap minggu 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D
41 Dokumen kegiatan satu tahun perihal: - Peringatan hari besar nasional - Peringatan hari besar agama - Pentas seni budaya banyak sekali negara - Peringatan bulan bahasa nasional & internasional 4 jenis kegiatan A 3 jenis kegiatan B 2 jenis kegiatan C 1 jenis kegiatan D
42 RPP seluruh mapel (memuat metode cooperatif, learning) Persentase = no 20
43 RPP seluruh mapel (memuat metode problem solving) Persentase = no 20
44 Karya tulis PD, misalnya portofolio PD, karya PD di Mading, laporan hasil wisata PD, buletin inretnal PD, dokumen presentasi serta lain-lain
45 Dokumen hasil karya PD yng mendapatkan penghargaan, semisal keterampilan simak, berbicara, membaca, menulis, berhitung
46 Dokumentasi UASBN (amati rata-ratanya) Lebih dari 8,00 A. 7,01-8,00 B 6,01-7,00 C 5,01-6,00 D Di bawah 5,01 E
IV.STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 47 Foto copy ijazah yng dimiliki pendidik
48 Foto copy ijazah yng dimiliki seua pendidik sesuai yang dengannya mata pelajaran yng dijarkan ataupun tak
49 RPP disesuaikan yang dengannya prinsip-prinsip pembelajar Dokumen penilaian kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah
50 Dokumen pengaduan dari masyarakat DP3 guru Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian guru oleh kepala sekolah
51 BA rapat dewan guru yng dilampiri undangan, daftar hadir, risalah rapat
52 Daftar hadir gur serta karyawan
53 Sertifikat pendidik, SK kepala sekolah, serta jadwal mengajar
54 Foto copy Ijazah Kepala Sekolah serta PT terakareditasi
55 Surat keterangan pengalaman mengajar
56 Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian dari atasan langsung
57 Data lulusan yng diterima di SMP/MTs
58 Buku keuangan koperasi sekolah, kantin sekolah, dokumen penggalangan dana serta DUDI (kemampuan dalam membiayai kegiatan esktra)
59 Surat perjanjian kerjasama yang dengannya pihak lain
60 Jadwal supervisi serta hasil pelaksanaan supervisi Buku supervisi guru kelas/guru mapel
61 Foto copy ijazah tenaga administrasi serta pendidikan menengah
62 Kesesuaian ijazah yang dengannya bidang tugas
63 Foto copy Ijazah tenaga perpustakaan serta pendidikan menengah
64 Surat penugasan menjdai pustakawan
65 SK Kepala Sekolah: - Penjaga sekolah - Tukang kebun - Tenaga kebersihan - Pengemudi - Pesuruh
V.STANDAR SARANA DAN PRASARANA 66 Inventaris lahan/tanah
67 Sarana kebugaran atau kesehatan, keselamatan, kemudahan akses penyelamatan dalam keadaan darurat
68 Lokasi sekolah (terhindar dari gangguan pencemaran air, udara, tanah serta kebisingan)
69 Surat kepemilikan tanah/surat kewenangan penggunaan tanah, IMB
70 Luas lantai yang dengannya jumlah PD 3,8m2/PD Luas bangunan 6 ruang kelas min 400 m2
71 Bangunan sekolah yng kokoh dilengkapi pencegah kebakaran serta petir
72 Sanitasi yng meliputi: - Kebutuhan air bersih - Saluran limbah - Tempat sampah, saluran air hujan
73 Ventilasi ruangan cukup terang
74 Instalasi listrik 900 watt
75 IMB serta ijin penggunaan bangunan
76 Dokumen alokasi biaya pemeliharaan sekolah 5 tahun yang terakhir
77 Mempunyai ruang kelas, pepustakaan, lab IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat ibadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, tempat bermain/ olahraga
78 Ruang kelas yng sesuai ketentuan
79 Ruang perpustakaan
80 BSE buku cetak lain-lainnya perbandingannya yang dengannya PD 1 : 1
81 Buku yng dipakai guru serta PD percis yang dengannya yng ditetapkan Permendiknas Kondisi bukunya
82 Keadaan laboratorium IPA
83 Keadaan ruang pimpinan
84 Keadaan ruang guru
85 Keadaan tempat ibadah
86 Keadaan ruang UKS
87 Keadaan jamban
88 Keadaan gudang
89 Keadaan ruang sirkulasi
90 Keadaan tempat bermain/berolahraga
VI.STANDAR PENGELOLAAN 91 Visi sekolah - Terpampang yang dengannya terang serta gampang dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah
92 Misi sekolah - Terpampang yang dengannya terang serta gampang dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah
93 Tujuan lembaga sekolah - Terpampang yang dengannya terang serta gampang dibaca - Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah
94 RKS/M 4 tahunan serta RKTtahunan
95 Pedoman yng mengatur pengelolaan secara tertulis perihal: KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, pendayagunaan pendidik/tenaga kependidikan, aturan akademik, tatib sekolah, kode etik sekolah, BOS.
96 Bagian struktur organisasi sekolah serta uraian tugasnya
97 Laporan pelaksanaan kegiatan RKT tahunan
98 Dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan: - Layanan konseling - Ekstrakurikuler - Pembinaan prestasi unggulan - Daftar alumni
99 Dokumen pelaksanaan pemgebangan kurikulum serta pembelajaran yng meliputi: KTSP, Kaldik, program pembelajaran, aturan akademik
100 Jadwal pelajaran, piagam, system penghargaan, promosi, serta penempatan, mutasi
101 Program pengelolaan sarpras yng minimal memuat: Perencanaan Pemenuhan sarpras Pendayagunaan sarpras Evaluasi serta pemeliharaan sarpras
102 Program pengelolaan pembiayaan pendiikan minimal memuat: Sumber pemasukan Sumber pengeluaran Jumlah danah yng dikelola
103 Dokumen kegiatan sekolah yng menciptakan suasana, iklim, serta lingkungan yng kondusif. Misalnya: Kegiatan upacara bendera Budaya jabat tangan antara siswa serta guru Menutup pintu gerbang sekolah sesudah pukul 7.00 Melaksanakan baris di depan kelas sebelum masuk
104 BA rapat penyusunan RKS/Mdilampiri yang dengannya: - Undangan kepada tokoh masyarakat - Undangan kepada lembaga lain Pelaksanaan program kegiatan sekolah Dokumen bantuan serta masyarakat (tenaga, material) MoU yang dengannya lembaga lain
105 Program kepengawasan: BA sosialisasi program kepengawasan dilampiri: Daftar hadir serta risalah sosialisasi
106 Dokumen laporan evaluasi diri per semester
107 Dokumen laporan kinerja pendidik serta tendik
108 Buku I, II, III,serta IV perangkat akreditas Tim persiapan akreditasi Bukti fisik dokumen Sarpras yng dibutuhkan akreditasi
109 Buku rencana kasek perihal pelaksanaan tupoksi kepala sekolah
110 System berita manajemen sekolah Misalnya: Papan berita kegiatan sekolah, BOS, pelaksanaan pembelajaran serta lain-lain
VII.STANDAR PEMBIAYAAN 111 Catatan tahunan perihal inventaris sarpras
112 SPJ Pembiayaan
113 Buku kas serta RKAS/M
114 Daftar penerimaan gaji pendidik Daftar penerimaan honor pendidik Daftar penerimaan insentif pendidik
115 Daftar penerimaan tenaga kependidikan Daftar penerimaan honor tenaga kependidikan Daftar penerimaan insentif tendik
116 Dokumen pembelajaran dari alokasi pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
117 Dokumen pmbelajaran dari alokasi kegiatan kesiswaan (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
118 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan alat tulis bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
119 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan bahan habis pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
120 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan Alat habis pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
121 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan rapat (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
122 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan transport serta perjalanan dinas (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
123 Dokumen pembelajaran dari alokasi penggandaan soal-soal ulangan/ujian (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
124 Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan daya serta jasa (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
125 Dokumen pembelajaran dari alokasi anggaran kegiatan operasi tak langsung misal: uang lembur, konsumsi, asuransi serta lain-lain (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
126 Dokumen pembelajaran dari alokasi biaya operasi sekolah yng meliputi Kesra warga sekolah Pengembangan pendidik serta tendik Sarpras Pengembagnan kurikulum dalam PBM Kegiatan ke-TU-an (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)
127 SK Kepala Sekolah perihal ada/tidaknya iuran
128 Surat edaran/pengumuman perihal tak adanya biaya pendaftaran ulang
129 Daftar PD penerima bantuan/pembebasan biaya sekolah
130 Daftar iuran, andai PD bebas dari seluruh biaya
131 BA rapat pengambilan keputusan, daftar hadir rapat
132 RKAS/M, papan berita, dana sekolah
133 Buku pedoman pengelolaan keuangan
134 RKAS/M
135 SPJ keuangan sekolah
VIII.STANDAR PENILAIAN 136 Rancangan kriteria penilaian serta silabus BA sosialisasi kriteria penilaian pada PD
137 Silabus setiap mapel memuat teknik: Penilaian yng sesuai, KD serta indikator teknik penilaiannya sesuai/tak
138 Perangkat tes buatan guru
139 Arsip tes, nilai tes, nilai pengamatan, nilai tugas, terstuktur ataupun berdikari
140 Buku analisis hasil belajar PD
141 Buku penghubung guru serta orang tua, hasil kerja siswa yng sudah ditandatangani OT
142 Program remidi serta pengayaan Revisi perangkat pembelajaran
143 Buku rapor
144 Nilai akhlak (buku rapot)
145 Nilai kepribadian
146 BA rapat koordinasi perihal hasil UTS, US, UKK Dilampiri undangan, risalah
147 BA rapat penentuan kriteria kenaikan kelas Dilampiri undangan, risalah
148 BA rapat penentuan nilai akhir bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelompok mapel estetika, penjasorkes Dilampiri undangan, risalah
149 BA rapat penentuan nilai akhir bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelompok mapel agama, PKn Dilampiri undangan, risalah
150 Buku rapor
151 Dokumen daya serap serta pencapaian target Setiap akhir semester dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten
152 BA rapat penentuan kelulusan bersama-sama yang dengannya guru kelas, guru mapel serta kasek Dilampiri undangan, risalah
153 BA rapat penentuan rata-rata menjdai kriteria kelulusan US/UN. Dilampiri undangan, risalah
154 BA rapat penentuan nilai minimal mapel menjdai kriteria kelulusan UASBN Dilampiri undangan, risalah
155 Bukti penerimaan SKHUASBN
156 Bukti penyerahan Ijazah kepada PD yng lulus
157 BA rapat penentuan PPDB Dilampiri undangan, risalah

4. Buatlah Berkas 8 Standar Akreditasi sekolah Masing-masing Tim
Sekedar saran serta penjelasan singkat, siapkan 8 kotak (kardus) serta map plastik, tiap kardus di kasih label nama standar, serta tiap map plastik diisi pertanyaan, andai pertanyaan sudah dijawab lampiran bukti fisik dimasukkan ke dalam map yang telah di sebutkan menjadikan berkas tak akan hilang. misal kamu ada di tim Standar pendidik serta tenaga kependidikan, tugas kamu disini merupakan memberikan label pertanyaan pada setiap map beserta bukti fisik, nah disaat pengawas bertanya, kamu tak kesulitan lagi menyiapkan berkasnya. Mudah-mudahan dipahami
Nah itulah kenapa SK Tim Akreditasi sekolah menjadi penentu utama berhasil ataupun tidaknya akreditasi sekolah kamu. nah selanjutnya silahkan di download SK serta perangkat akreditasi sekolah lain-lainnya melalui tautan yng kami sematkan dibawah

1. Download SK Tim Akreditasi SD Disini

2. Download SK Tim Akreditasi SMP Disini

3. Download SK Tim Akreditasi SMA Disini

4. Download SK Tim Akreditasi SMK Disini

5. Download Perangkat Akreditasi Sekolah SD, SMP, SMA Lengkap Disini

5. Download Perangkat lunak Penskoran Akreditasi Sekolah SD, SMP, SMA Disini

Demikian perihal Akreditasi Sekolah. Mudah-mudahan berguna serta mendapatkan nilai yng tidak jelek alias bagus, Berikut silahkan cek nilai akreditasi sekolah Disini
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/sk-tim-akreditasi-sd-smp-sma-dan-smk.html

Seputar 4 Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain 4 Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah