Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

- April 20, 2017

Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

 
Sahabat guru-id khususnya para peserta guru pembelajar yng mengikuti moda daring serta kombinasi. Sebagaimana yng kita ketahui bersama program guru pembelajar era ini telah ataupun tengah berlangsung di beberapa daerah. akan tetapi masih tidak sedikit kendala yng terlaksana dalam pelaksanaan guru pembelajar ini khususnya bagi pemakain Moda dalam jaringan (daring). Dikabarkan terkendala lantaran server yng susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk tersambung ke Software LMS guru pembelajar. kita berharap mudah-mudahan saja kegiatan ini lancar lebih-lebih besar harapan kita kepada rekan-rekan guru yng mengikuti pelatihan IN guru pembelajar online serta Operator GPO. Butuh diketahui program GPO ini tak ada kaitannya yang dengannya operator pendataan Sekolah (OPS). nah di artikel ini admin ingin membagikan sebuah penjelasan mengenai "guru pembelajar moda daring dan kombinasi". Butuh diketahui peserta GPO moda daring serta kombinasi merupakan sesuai yang dengannya ketentuan 10 kompetensi warna merah yaitu bagi rapor merahnya 6-7. Sedangkan bagi yng rapor merahnya 3-5 cuma mengikuti moda daring. moda kombinasi ini nantinya diikuti yang dengannya Model pembelajaran yng di lakukan secara daring serta tatap muka yang dengannya didampingi oleh mentor dan difasilitasi oleh pengampu, Mengenai jadwal Pertemuan tatap muka akan dilaksanakan sesuai jadwal yng disepakati bersama antara peserta serta mentor (kebijakan Dinas Pendidikan kab/kota esetempat). berikut admin bagikan tatacara singkat ihwal Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi yng mampu kamu baca melalui goresan pena dibawah
gambar Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi
Gambar diatas menjelaskan beberapa interaksi antara Pengampu serta mentor, mentor serta peserta, pengampu serta peserta. ataupun penjelasannya menjdai berikut
  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor serta berinteraksi yang dengannya mentor secara daring.
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi serta berkoordinasi yang dengannya peserta secara daring serta luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi serta berkomunikasi yang dengannya peserta secara daring.

Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

Panduan yng admin tuliskan ini bersumber dari blog guru yng telah cukup terkenal di dunia pendidikan serta infonya pula Amat mampu dipercaya, berikut admin teruskan yng admin kutip dari jetjetsemut.blogspot.co.id
1. Apa itu Peserta Guru Pembelajar Daring Kombinasi
Guru pembelajar moda diatas dilaksanakan bagi guru yang dengannya peta kompetensi hasil UKG nya mempunyai 6 (enam) hingga yang dengannya 7 (tujuh) kelompok kompetensi yng nilainya dibawah KCM pada UKGTahun Ini lalu. (baca penjelasannya dalam raport UKGTahun Ini)
Pada GP moda daring kombinasi, peserta akan dibimbing oleh mentor secara daring serta luring (LUAR JARINGAN) di Pusat Belajar (PB).
Nah, mengenai tempat kegiatan pendampingan serta tatap muka antara mentor yang dengannya peserta pada GP moda daring kombinasi di lakukan di Pusat Belajar sesuai kesepakatan antara mentor serta peserta. Pusat Belajar bisa mempergunakan:
  1. Kelompok Kerja Guru (KKG) / Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) / Gugus Belajar di Kabupaten/Kota, ataupun
  2. Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten/Kota, ataupun
  3. Sekolah tempat peserta bertugas mengajar.
2. Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan GP Moda Daring Kombinasi
Moda daring kombinasi merupakan gabungan antara daring serta tatap muka yang dengannya komposisi 48 JP bagi atau bisa juga dikatakan untuk interaksi daring serta 12 JP (4 JP/pertemuan: sebanyk 3 pertemuan, yakni Minggu I, III, serta VI) bagi atau bisa juga dikatakan untuk interaksi tatap muka di PB bersama mentor. Pada setiap pertemuan tatap muka, mentor Perlu menyiapkan daftar hadir serta informasi acara yng Perlu dilaporkan ke UPT serta akan menjadi lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan.
Aktivitas pembelajaran peserta pada GP moda daring kombinasi dijelaskan pada Tabel 1 berikut.
gambar panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi
Pada era tatap muka di PB, peserta bersama mentor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran selama total 12 JP, yang dengannya struktur program pada setiap tatap muka semisal pada Tabel 2
gambar tabel 2 Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi a. Kegiatan Awal
Kegiatan pada moda ini diawali yang dengannya pengenalan konsep serta system GP moda daring yng dipandu oleh mentor di pusat belajar yng sudah ditentukan. Peserta akan masuk (login) ke dalam LMS sesuai yang dengannya nama pemakain (username) serta kata kunci (password) yng telah ditentukan. Selanjutnya, peserta akan melaksanakan aktivitas pembelajaran bersama mentor di PB sesuai yang dengannya struktur program TM-1 yng tertuang pada Tabel 2 diatas. Pada akhir pertemuan, mentor membimbing peserta membuat rencana belajar selama 6 minggu.
b. Kegiatan pada Sesi Pembelajaran
Kegiatan pada sesi pembelajaran merupakan kegiatan inti dimana peserta melaksanakan pembelajaran daring serta luring, baik secara mampu berdiri diatas kaki sendiri ataupun terbimbing oleh mentor. Pada kegiatan ini, peserta melakukan aktivitas-aktivitas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai target kompetensi serta hasil belajar yng sudah ditentukan sebelumnya serta dibuktikan yang dengannya tugas serta tagihan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk GP moda daring kombinasi ini, peserta serta mentor bertemu secara tatap muka di Pusat Belajar (PB) bagi atau bisa juga dikatakan untuk berdiskusi serta membahas hal-hal yng terkait yang dengannya pembelajaran. Tatap Muka ke-2 (TM-2) pada sesi pembelajaran dilaksanakan di pertengahan sesi antara sesi 2 serta 3, yang dengannya struktur materi semisal tertuang pada Tabel 2. Pada setiap akhir sesi, peserta akan mengerjakan tes sumatif sesi.
c. Kegiatan Akhir
Kegiatan akhir dilaksanakan secara daring serta tatap muka di pusat belajar pada minggu ke 6 (sesi penutup), bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat yakin bahwasanya seluruh tugas ataupun tagihan yng dipersyaratkan pada pembelajaran GP moda daring sudah terunggah seluruhnya serta bisa dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), peserta akan membuat laporan hasil pembelajaran GP moda daring mulai dari awal sampai-sampai akhir yang dengannya membawa seluruh bukti yng bisa dipertanggungjawabkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di reviu serta divalidasi oleh mentor.
catatan;
Andai terdapat satu serta lain hal yng menjadi pertimbangan menjadikan peserta Perlu berpindah moda ke tatap muka, maka wewenang serta tanggungjawab bagi atau bisa juga dikatakan untuk memindahkan peserta yang telah di sebutkan diberikan kepada Dinas. Peserta yng ditetapkan mengikuti GP moda daring kombinasi, akan tetapi mempunyai kriteria sesuai yang dengannya GP moda daring – model 2 serta akan dialihkan, maka wewenang serta tanggungjawab pengalihannya diserahkan kepada UPT.
Demikian info terkait tatacara guru pembelajar moda daring kombinasi yang dengannya tatap muka yng mampu admin bagikan. Selanjutnya silahkan download kumpulan modul guru pembelajar bagi atau bisa juga dikatakan untuk TK, SD, SMP, SMA serta SMK
sumber: http://jetjetsemut.blogspot.co.id/2016/06/guru-pembelajar-moda-daring-kombinasi.html
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/09/panduan-guru-pembelajar-moda-daring.html

Seputar Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi