Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

- Maret 29, 2017

Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

 
Pada posting di artikel ini blog guru-id.com akan membagikan beberapa cara ataupun tips belajar efektif, efisien serta menyenangkan yng ditulis didasari pengalaman satu dari sekian banyaknya rekan kerja saya selama menjadi pengajar di satu dari sekian banyaknya sekolah kabupaten Muara Enim. Meskipun yng kami sampaikan hanyalah teori, akan tetapi kami berharap mampu menjadi rujukan yng efektif bagi rekan-rekan pendidik di Indonesia khususnya yng sedang membaca postingan ini.
Sahabat guru yng berbahagia, Pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdapat langkah-langkah pembelajaran. satu dari sekian banyaknya langkah pembelajaran merupakan menuliskan judul materi serta tujuan pembelajaran pada papan tulis. tujuan pembelajaran haruslah selesai serta tercapai. tujuan pembelajaran dianggap tercapai dilihat dari tuntas serta tercapai bahakn terlampauinya hasil belajar siswa melebihi KKM yng sudah ditentukan. agar tujuan pembelajaran tercapai guru Perlu menciptakan suasana belajar siswa yng efektif, efisien serta menyenangkan yng akan membuat siswa bisa atau mampu mengingat,mengerti, serta memahami materi yng dijelaskan oleh guru. Baiklah, Perhatikan 4 hal berikut yng memberi pengaruh pembelajaran yng efektif, efisien serta menyenangkan:

4 Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

1. Guru Perlu konsisten yang dengannya waktu pembelajaran
Waktu Amat memberi pengaruh, jadi guru tak boleh datang terlambat masuk kelas, tak mengulur waktu selesai pembelajaran, tak mengganti/menukar jam pelajaran secara tiba-tiba. Selama proses pembelajaran guru pula Perlu mempergunakan waktu yng ada bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar bukan yang dengannya hal lain yng akan menghilang-kan mood belajar siswa. misalnya terlalu larut bercerita pengalaman hidup layaknya seorang ibu yng mendongengkan anaknya yng ingin tidur
2. Berikanlah materi pelajaran sesuai yang dengannya silabus serta RPP gambar mengajar sesuai silabus dan RPP
selama waktu belajar tak membahas hal lain di luar konteks pembelajaran kecuali cuma sekedar ice breaking bagi atau bisa juga dikatakan untuk kembali memfokuskan konstrasi siswa yng lelah belajar. gunakanlah waktu seefektif serta seefisien mungkin selama belajar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menjdai guru yng profesional tentunya membuat silabus serta RPP bukan hal yng susah, andai butuh rujukan, silahkan download pula silabus serta RPP TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK KTSP serta Kurikulum 2013 Revisi Tahun Ini/2017 (disini).
3. Pemilihan metode/model pembelajaran Kerja Kelompok
Materi pembelajaran serta metode/model pembelajaran haruslah cocok maksudnya metode/model pembelajaran yng dipakai haruslah sesuai yang dengannya materi yng akan disampaikan. misalnya materi yng padat yng tidak sedikit penjelasan taklah pas andai mempergunakan metode ceramah akan Amat membosankan bagi siswa cuma memandang guru berdiri di depan/tengah kelas menjelaskan yang dengannya bahasa buku ataupun sibuk mencatat di papan tulis. cobalah menggantinya yang dengannya diskusi kelompok yng selain akan terlihat kemampuan presentasi siswa akan terlihat pula keaktifan seluruh siswa berinteraksi selama diskusi. pemilihan metode/model pembelajaran yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk sebuah materi pembelajaranakan menciptakan pembelajaran yng efektif serta efisien.
4. Genakan sumber belajar mampu berupa buku ataupun alat peraga
sumber belajar adalah rujukan yng dipakai oleh guru serta siswa yng relevan yang dengannya materi pembelajaran. sumber belajar mampu berupa buku ataupun alat peraga yng menunjang proses pembelajaran. materi tidak jelek alias bagus, metode/model pembelajaran yng dipakai tepat/sesuai yang dengannya materi akan tetapi sumber belajar yng berupa alat peraga ataupun alat bantu mengajar tak ada ataupun tidak lebih memadai, hal ini akan membuat tidak lebih tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar menjadikan proses pembelajaran tak efektif serta efisien. alat peraga dalam pembelajaran percis pentingnya yang dengannya sumber belajar.
misalnya seorang guru IPA yng akan memberikan materi struktur organ jantung serta hati akan tetapi cuma menjelaskan struktur jantung serta hati dari sebuah buku cuma digambarkan sekilas di papan tulis. apa reaksi peserta didik? tak ada reaksi, disaat ditanya siswa cuma diam tanpa memberikan pendapat/sanggahan, mengangguk-anggukan ataupun malah menggeleng-gelengkan kepala lantaran gundah yang dengannya penjelasan gurunya. cobalah menjadi guru yng tidak banyak kreatif andai tak ada alat peraga yng tersedia di sekolah, mampu jadi menampilkan video ataupun slide ihwal struktur jantung serta hati ataupun andai tak ada mampu mempergunakan carta menjadikan antara apa yng dijelaskan oleh guru serta apa yng dipikiranpeserta didik mampu dimengerti serta dipahami.
Lihat pula:
  • Cara Menjadi Guru Yng Disenangi Siswa
  • 15 Teknik Mengajar ini Yng diharapkan para Guru
Demikian share Cara/tips Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan. mudah-mudahan memberikan manfaat serta berkah bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita seluruh :), nah selanjutnya jangan tidak ingat lihat pula postingan blog guru-id yng membahas ihwal Semisal Pembelajaran Yng Menyenangkan

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/cara-belajar-efektif-efisien-dan.html

Seputar Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan