Tanya Jawab Episode 75-95 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini

- Juli 13, 2017

Tanya Jawab Episode 75-95 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini

 
Tanya Jawab Seputar Dapodik VersiTahun Ini Episode 75 ini berhubungan yang dengannya tips registrasi dapodik di laptop. Meskipun demikian akan lebih baik bila rekan-rekan membaca episode 1-40 (disini) serta 41-74 (disini). agar tida muncul keraguan era proses install dapodik. nah bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya silahkan baca posting kami wacana Tanya Jawab Episode 75-Seputar Dapodik VersiTahun Ini
gambar Tanya Jawab Episode 75-95 Seputar Dapodik VersiTahun Ini F. Registrasi
75. Data apakah yng diinputkan era registrasi?
 Nama Lengkap
 Username (email)
 Password
 Konfirmasi Password
 Kode Registrasi
  • Nama : Lakukan input sesuai nama lengkap operator sekolah menjdai PIC (penanggung jawab teknis data sekolah)
  • Username (email) : usahakan unik, maksudnya 1 sekolah mempergunakan 1 email yng berbeda yang dengannya yng lain.
  • Nomor telepon : ini merupakan nomor handphone operator sekolah, diawali 08xxx… ini menjdai narahubung andai ada berita.
  • Kode registrasi : pastikan kode registrasi ini merupakan milik sekolah Kamu.
76. Apa yng Perlu di lakukan andai era registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”?
Cek pada folder prefill yng ada di C:/ prefill_dapodik, apakah prefill-nya telah diunduh serta disimpan pada folder yang telah di sebutkan ataupun belum. Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduhan Download Data Prefill, lantas masukkan kode registrasi. Sesudah itu klik unduh di goresan pena sini. Langkah selanjutnya simpen di folder C:/ prefill_dapodik.
77. Apa yng Perlu di lakukan andai era registrasi muncul keterangan “beberapa data tak masuk’’?
Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing ataupun hubungi Customer Service Dapodik pusat.
G. Beranda
78. Apa yng Perlu di lakukan andai nama sekolah di App tak sesuai? Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta bantuan merubah nama sekolah. Semisalnya dinas kabupaten/kota tak mampu, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
79. Apa yng Perlu di lakukan andai nama kabupaten/kota di App tak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta bantuan merubah nama sekolah menjadi yng sebetulnya. Semisalnya dinas kabupaten/kota tak mampu, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
80. Apa yng Perlu di lakukan andai nama kecamatan di App tak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta bantuan merubah nama sekolah menjadi yng sebetulnya. Semisalnya dinas kabupaten/kota tak mampu, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
81. Apa yng Perlu di lakukan andai di Beranda terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”?
Silakan buka Software Dapodik, lalu pada tab PTK pilih nama Kepseknya, lalu klik tombol ganti. Lihat pada bagian rincian data PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya. Sesudah seluruh data selesai diinput, lantas klik simpen
H. Input Data
82. Bagaimana prosedur input data yng benar?
Penginputan data yng benar sesuai yang dengannya yng ada di lapangan serta teratur, dimulai dari input data sekolah, sarana prasarana, peserta didik, PTK, Rombel, serta sebagainya.
83. Di mana mampu didapatkan formulir pendataan Software Dapodik?
Formulir mampu didapat melalui website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
84. Apakah di App terdapat tatacara pengisian data?
Di App ada tatacara dalam pengisian data berupa tombol “help” berupa ciri Tanya (?). Tombol yang telah di sebutkan berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberitahu operator kalau ada inputan yng tak diketahui mampu dilihat melalui bantuan yang telah di sebutkan.
85. Dapatkah 1 komputer dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?
Bagi lembaga yng menaungi dua sekolah mampu mengerjakan pengisian data dalam 1 laptop.
Tips pengerjaannya:
  • Siapkan kode registrasi serta file prefill seluruh sekolah yng akan dimasukkan
  • File prefill kedua sekolah yang telah di sebutkan dimasukkan ke folder yang dengannya nama prefill_dapodik di drive C;
  • Siapkan user/email yang berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap sekolah, jangan mempergunakan user serta password yng percis;
  • Lakukan registasi sekolah pertama;
  • Login mempergunakan user serta password sekolah pertama;
  • Lakukan registrasi peserta didik, serta isi penugasan PTK berlebi dahulu;
  • Lakukan registrasi sekolah kedua;
  • Login mempergunakan user serta password sekolah kedua;
  • Isi registrasi peserta didik, da nisi penugasan PTK;
86. Dapatkah entri satu data sekolah dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda?
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah mampu dikerjakan oleh beberapa orang operator yang dengannya mempergunakan laptop yng berbeda. Tatacaranya yang dengannya mempergunakan LAN ataupun IPCONFIG yng di-share oleh Laptop/PC server. Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan sinkronisasi cuma mampu di lakukan oleh komputer utama yng dijadikan server.
87. Bagaimana andai sesudah dipindahkan ke tabel utama, data PTK/Peserta Didik hilang?
Bila sesudah menambahkan data PTK ataupun Peserta Didik baru, baik itu pindahan ataupun baru, datanya tak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil data dari server agar SP (Store Prosedure) berjalan serta PTK/Peserta Didik mampu tampil di tabel utama. Ataupun klik Action Menu lalu pilih PTK “belum penugasan”, ataupun tampilkan data peserta didik belum registrasi serta lakukan refresh yang dengannya menekan tombol ctrl+f5,
88. Apa solusinya andai terlaksana kesalahan input nama, tanggal lahir, serta NISN peserta didik?
Mampu diedit ataupun diperbaiki melalui vervalpd.data. kemdikbud.go.id Sesudah melakukan suting data, silakan sinkronisasi agar perubahan turun ke lokal (Software Dapodik di sekolah).
89. Mengapa data individu Peserta Didik, PTK, serta rombongan belajar berbeda antara Software Dapodik serta server?
Kesalahan jumlah umumnya terlaksana lantaran pengisian data di App double, ataupun terlaksana duplikasi data di server.
Tips menormalkannya, silakan lakukan generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya serta lakukan registrasi yang dengannya mempergunakan username serta password yng percis. Sesudah itu lakukan sinkronisasi.
90. Bagaimana andai sekolah kami ingin melakukan merger yang dengannya sekolah lain?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat yang dengannya menyerahkan SK Penggabungan dari dinas, ataupun mampu melalui email resmi yng tertera di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, Lampirkan SK serta data pendukung yng diharapkan dan daftar data yng akan digabungkan.
91. Bagaimana tips memperoleh kembali data yng sudah kita isi bila laptop serta PC di kenai virus ataupun hilang?
Data mampu diambil kembali andaikan sekolah pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data mampu diambil yang dengannya melakukan generate prefill yng mampu di lakukan sekolah sendiri ataupun melalui dinas kabupaten/kota. Sesudah di generate, silakan instal aplikasinya serta lakukan registrasi yang dengannya username serta password yng percis.
I. Kirim Data
92. Apakah fungsi menu update versi sinkronisasi?
Tombol yang telah di sebutkan fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbarui perubahan App sync yng ada di App lokal yang dengannya di server.
93. Bagaimana parameter sinkronisasi yng sukses?
Pada kotak perubahan apa saja yng sebelumnya berisi pemberitahuan data yng telah ditambah, update, hapus akan tertera di situ. Andai parameter sinkronisasi sukses maka kota perubahan yang telah di sebutkan hilang.
94. Apa parameter/ciri-ciri data sudah sukses terkirim seluruh ke server?
Mampu dilihat dari tabel perubahan, datanya menjadi kosong. Lantas cek laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, data hasil sinkronisasi sudah muncul berikut tanggal sinkronisasi yang terakhir.
J. Cek Progres Pengiriman Data
95. Di mana kita bisa mengecek hasil pengiriman sinkronisasi Software Dapodik?
Pengecekan data individu sekolah mampu di lakukan di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pilih menu “Progres Pengiriman”. Pilih provinsi lalu kabupaten dan kecamatan tempat sekolah berada. Pilih nama sekolah lalu masukkan kode registrasi andai hendak melihat data individu sekolah hasil pengiriman dari Software Dapodik.

Download file Lengkap Tanya Jawab Seputar Dapodik V.2016.Pdf - KLik Disini

Lanjutkan Membaca Tanya Jawab Episode 96-163 Seputar Dapodik VersiTahun Ini

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/tanya-jawab-episode-75-95-seputar.html

Seputar Tanya Jawab Episode 75-95 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Tanya Jawab Episode 75-95 Seputar Dapodik Versi Tahun Ini