POS UN Tahun Ini Untuk SMP, MA, SMA, SMK Revisi Terbaru BSNP

- Mei 27, 2017

POS UN Tahun Ini Untuk SMP, MA, SMA, SMK Revisi Terbaru BSNP

 
Ads By Google
Ads By Google
Sahabat guru-id.com. Pemaparan di artikel ini erat hubungannya yang dengannya kegiatan Ujian Nasional. sebagaimana kita ketahui, POS UN adalah prosedur operasional standar penyelenggaraan ujian nasioan (UN) yng dipakai seluruh satuan pendidikan menjdai acuan serta pedoman pelaksanaan ujian nasional (UN). POS UN adalah hasil kesepakatan satuan pendidikan nasional bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyelenggarakan ujian nasional yng bertujuan menguji hasil belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran di suatu jenjang sekolah.
gambar POS UN revisi Tahun Ini
Pada isi pemaparan POS UN Tahun Ini terdapat beberapa perbedaan dalam pelaksaan ujian nasional tahun pelajaranTahun Ini/2017. Ada yng berbeda pada pelaksanaan ujian nasional bagi atau bisa juga dikatakan untuk tahun pelajaranTahun Ini/2017 dari tahun pelajaran sebelumnya yakni system pelaksanaan yang dengannya dua metode yng pertama UNBK (ujian nasional berbasis komputer) serta UNKP (ujian nasional kertas pensil). Akan tetapi pelaksanaan ini pula disesuaikan yang dengannya fasilitas sekolah masing-masing. Pelaksanaan UNBK (ujian nasional berbasis komputer) dilaksanakan oleh sekolah yng memiliki system komputerisasi yng memadai bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh siswa di sekolah yang telah di sebutkan. Bagi sekolah yng belum memiliki sitem komputerisasi di sekolah melaksanakan ujian nasional yang dengannya sisten UNKP (ujian nasional kertas pensil).
LINK DOWNLOAD RESMI POS UN Tahun Ini - http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2017/01/0043-POS-UN-Tahun-2017-FINAL.pdf
Pelaksanaan ujian nasional yang dengannya system UNKP tahun pelajaranTahun Ini/2017 pula dilaksanakan lebih siang dari pelaksanaan ujian nasional tahun pelajaran sebelumnya yakni dimulai dari jam 10.30 hal ini mungkin dikarenakan adanya pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yng di lakukan dua sesi yakni sesi pertama pukul 07.30 – 10.00 serta sesi kedua pada pukul 10.30 - 12.30 menjadikan selesainya ujian nasional berbasis komputer (UNBK) serta ujian nasional kertas pensil (UNKP) secara bersamaan.
Untuk berita yng lebih detail di artikel ini kami bagikan POS UN tahun pelajaranTahun Ini/2017 yng mungkin bapak serta ibu butuhkan menjdai acuan dalam pelaksanaan ujian nasioal serta mampu dipelajari bagi atau bisa juga dikatakan untuk persiapan administrasi yng Perlu dipersiapkan sebelum penyelenggaraan ujian nasional nantinya.

Download Pos un smp mts sma ma smk sederajat Tahun Ini - DISINI

BAB I PENGERTIAN Dalam Prosedur Operasional Standar ini yng dimaksud yang dengannya:
1. Satuan Pendidikan merupakan satuan pendidikan dasar serta menengah yng meliputi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), serta Sekolah Menengah Kejuruan /Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), serta Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), dan lembaga pendidikan yng menyelenggarakan Program Paket B/Wustha serta Program Paket C.
2. Satuan Pendidikan Kerjasama yng selanjutnya disebut SPK merupakan satuan pendidikan yng diselenggarakan ataupun dikelola atas dasar kerjasama antara Lembaga Pendidikan Asing (LPA) yng terakreditasi/diakui di negaranya yang dengannya Lembaga Pendidikan di Indonesia (LPI) pada jalur formal serta nonformal yng sesuai yang dengannya ketentuan perundang-undangan.
3. Pendidikan Kesetaraan merupakan pendidikan nonformal yng menyelenggarakan pendidikan setara SMP/MTs serta SMA/MA mencakup Program Paket B/Wustha serta Program Paket C.
4. Jenjang pendidikan merupakan tahapan pendidikan yng ditetapkan didasari tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yng akan dicapai, serta kemampuan yng dikembangkan
5. Program Wustha merupakan pendidikan dasar tiga tahun pada Pondok Pesantren Salafiyah setingkat Program Paket B yang dengannya kekhasan pendalaman pendidikan agama Islam.
6. Ujian Sekolah selanjutnya disebut US merupakan kegiatan pengukuran serta penilaian kompetensi peserta didik terhadap standar kompetensi lulusan bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh mata pelajaran yng di lakukan oleh Satuan Pendidikan.
7. Ujian Nasional yng selanjutnya disebut UN merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional yang dengannya mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
8. Ujian Nasional Berbasis Komputer yng selanjutnya disebut UNBK merupakan ujian yng mempergunakan komputer menjdai media bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampilkan soal serta proses menjawabnya.
9. Ujian Nasional Berbasis Kertas serta Pensil yng selanjutnya disebut UNKP merupakan system ujian yng dipakai dalam UN yang dengannya mempergunakan naskah soal serta Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) berbasis kertas serta mempergunakan pensil.
10. Tim Teknis UNBK merupakan petugas di provinsi serta Kabupaten/Kota yng diberi kewenangan menjdai koordinator teknis dalam melakukan verifikasi sekolah/madrasah menjdai pelaksana UNBK.
11. Proktor merupakan petugas yng diberi kewenangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangani aspek teknis pelaksanaan UNBK di ruang ujian.
12. Teknisi merupakan petugas pengelola laboratorium komputer (pranata komputer) di sekolah/madrasah yng melaksanakan UNBK.
13. Pengawas Ujian merupakan guru yng diberi kewenangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawasi serta memberi jaminan kelancaran pelaksanaan UNBK ataupun UNKP di ruang ujian. 14. Ujian Nasional bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pendidikan Kesetaraan merupakan kegiatan pengukuran serta penilaian penyetaraan pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional yang dengannya mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan pada Program Paket B/Wustha setara SMP/MTs serta Program Paket C setara SMA/MA.
15. Ujian kompetensi keahlian merupakan ujian nasional yng terdiri atas ujian teori kejuruan serta ujian praktik kejuruan.
16. UN Susulan merupakan ujian nasional bagi atau bisa juga dikatakan untuk peserta didik yng berhalangan mengikuti UN lantaran alasan tertentu yng bisa diterima oleh sekolah/madrasah pelaksana UN serta disertai bukti yng sah.
17. Nilai Ujian Nasional yng selanjutnya disebut Nilai UN merupakan nilai yng diperoleh peserta didik dari hasil UN yng sudah ditempuh.
18. Badan Standar Nasional Pendidikan yng selanjutnya disebut BSNP merupakan badan berdikari serta profesional yng bertugas menyelenggarakan UN.
19. Kisi-kisi UN merupakan acuan dalam pengembangan serta perakitan soal UN yng disusun didasari kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, standar isi, serta kurikulum yng berlaku.serta kisi-kisi UN.
21. Bahan UN merupakan naskah soal, kaset/compact disk (CD) bagi atau bisa juga dikatakan untuk ujian listening comprehension (LC), lembar jawaban UN, informasi acara, daftar hadir, amplop, tata tertib, serta pakta integritas pengawas.
22. Dokumen UN merupakan bahan UN yng bersifat sesuatu yang di sembunyikan, terdiri atas naskah soal, jawaban peserta ujian, daftar hadir, informasi acara, baik dalam bentuk hardcopy ataupun softcopy, serta CD bagi atau bisa juga dikatakan untuk ujian LC.
23. Lembar jawaban UN yng selanjutnya disebut LJUN merupakan lembaran kertas yng dipakai oleh peserta didik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjawab soal UN.
24. Dokumen pendukung UN merupakan seluruh bahan UN yng tak bersifat sesuatu yang di sembunyikan, terdiri atas blanko daftar hadir, blanko lembar jawaban, blanko informasi acara, tata tertib, pakta integritas, amplop naskah serta amplop lembar jawaban.
25. Sertifikat Hasil Ujian Nasional yng selanjutnya disebut SHUN merupakan surat keterangan yng berisi Nilai UN dan tingkat capaian Standar Kompetensi Lulusan yng dinyatakan dalam kategori.
26. Pendistribusian bahan UN merupakan rangkaian kegiatan yng tak terpisahkan dari proses pengiriman, penyerahan serta penerimaan, dan penyimpanan bahan UN yng terjamin keamanan, kerahasiaan serta ketepatan waktu serta tempat tujuan.
27. Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan Badan Penelitian serta Pengembangan Kementerian serta Pendidikan serta Kebudayaan di tingkat provinsi yng selanjutnya disebut Pokja ULP merupakan panitia yng dibentuk oleh Badan Penelitian serta Pengembangan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan yng bertugas melaksanakan proses pengadaan barang serta jasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggandaan serta pendistribusian bahan UN.
28. Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional yng selanjutnya disebut POS UN merupakan ketentuan yng mengatur penyelenggaraan serta teknis pelaksanaan UN.
29. Kementerian merupakan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia.
30. Menteri merupakan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia.
31. Pemerintah merupakan pemerintah pusat.
32. Pemerintah Daerah merupakan pemerintah provinsi ataupun pemerintah kabupaten/kota.
Untuk lebih jelasnya silahkan download POS UN Tahun Ini Untuk SMP, MA,MTS,SMA, Mi, SMK Revisi Terbaru BSNP melalui Link berikut. Terimakasih

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2017/02/pos-un-2017-untuk-smp-ma-sma-smk-revisi.html

Seputar POS UN Tahun Ini Untuk SMP, MA, SMA, SMK Revisi Terbaru BSNP

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain POS UN Tahun Ini Untuk SMP, MA, SMA, SMK Revisi Terbaru BSNP