Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Versi Tahun Ini

- Mei 15, 2017

Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Versi Tahun Ini

 
Benarkah Versi baru Dapodik merupakan G5 ataupun 5.00? Hari Senin Tanggal 18 JuniTahun Ini merupakan Hari Pertama Sekolah di Tahun PelajaranTahun Ini/2017, hari dimulainya proses pembelajaran di tahun pelajaran baru. Pergantian tahun pelajaran merupakan momen besar bagi sekolah dimana sekolah sudah meluluskan serta mengantarkan anak didiknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya, pula sudah melakukan proses kenaikan tingkat pada siswa-siswanya serta sudah pula membuka proses penerimaan siswa baru. Sebuah pekerjaan besar yng akan terus berulang per tahunnya.
Seluruh proses periodikal yng dilaksanakan yang telah di sebutkan pula Perlu diikuti yang dengannya melakukan proses serta pemutakhiran data pada system pendataan Dapodik, oleh karenanya pergantian tahun ajaran baru pula adalah momen penting bagi pendataan Dapodik. Diawal tahun ajaran Operator Dapodik akan melakukan proses kelulusan, proses kenaikan kelas, memasukkan data siswa baru serta melakukan pemutakhiran terhadap seluruh data-data periodik.
Memasuki Tahun Pelajaran BaruTahun Ini/2017 ini Aplikasi Dapodik pula akan memasuki era baru, dimana akan dirilis Aplikasi DapodikTahun Ini. Aplikasi DapodikTahun Ini merupakan pengembangan serta penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB serta Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi DapodikTahun Ini bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA serta SMK. Secara teknis Aplikasi DapodikTahun Ini pula memperoleh pengembangan serta perubahan yng cukup tidak sedikit, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi ataupun penambahan fitur serta atribut-atribut data baru lain-lainnya.
Guna mendukung keberhasilan serta kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data mempergunakan Aplikasi DapodikTahun Ini ini, maka butuh di lakukan beberapa persiapan serta pemahaman agar proses update versi App ataupun proses pemutakhiran data berjalan lancar. Berikut merupakan beberapa persiapan yng butuh di lakukan oleh sekolah:
gambar download aplikasi dapodik versiTahun Ini G5

4 Hal Penting Yng Butuh Diperhatikan Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik VersiTahun Ini

1. Persiapan Komputer server
Sebagaimana diketahui bahwasanya pendataan Dapodik sudah terintegrasi yang dengannya banyak sekali system lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk melayani kebutuhan data transaksional di Lingkungan Kemendikbud. Maka App Dapodik Perlu senantiasa di update serta up grade dari sisi fitur serta teknologinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi banyak sekali tuntutan yang telah di sebutkan. Untuk itu dari sisi teknis kompleksitas Aplikasi Dapodik terus mengalami peningkatan, dimana hal ini menuntut spesifikasi teknis dari komputer yng cukup baik agar Aplikasi Dapodik bisa berjalan yang dengannya optimal. Berikut merupakan spesifikasi teknis yng disarankan:
Lihat pula: Tatacara Mempercepat Kinerja Laptop
A. Spesifikasi perangkat keras yng diharapkan merupakan: Processor minimal Pentium Core Duo
Memory minimal 2 GigaByte
Storage tersisa minimal 400 MegaByte
CD/DVD drive andai instalasi melalui media CD/DVD
B. Spesifikasi perangkat lunak yng diharapkan merupakan: Windows 7 32 & 64 Bit
Windows 8 32 & 64 Bit
Windows 8.1 32 & 64 Bit
Windows 10 32 & 64 Bit
Layar Monitor yang dengannya resolusi minimal 1024 x 768
C. Terpasang web Browser versi baru
Google Chrome
Opera
Comodo
UC Browser
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Aplikasi Browser Google Chrome Versi baru Download Disini
2. Persiapan SDM, Kode Registrasi serta Akun Aplikasi Dapodik
Peran Operator Dapodik sangatlah penting menjdai pelaku utama operasional Aplikasi Dapodik. Bagi sekolah yng pada tahun pelajaran baru ini pula mempunyai/menunjuk Operator Dapodik yng baru maka Kepala Sekolah diharapkan segera menerbitkan SK penugasannya. SK yang telah di sebutkan segera didaftarkan ke Pusat Data serta Statistik Pendidikan serta Kebudayaan(PDSPK) melalui laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Yang dengannya SK penugasan yang telah di sebutkan operator bisa melakukan verifikasi serta validasi data pokok pendidikan.
Jangan tidak ingat downlaod SK Operator Dapodik/Penugasan Disini
Pada Aplikasi DapodikTahun Ini database nya sudah di lakukan upgrade versi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan Aplikasi DapodikTahun Ini sekolah yng sebelumnya mempergunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 serta Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 Perlu melakukan install ulang mempergunakan Installer DapodikTahun Ini serta melakukan registrasi ulang kembali. Terdapat pengembangan pada methodology registrasi pada Aplikasi DapodikTahun Ini, yakni bisa di lakukan secara Off Line serta On Line. Secara garis besar methode Off Line di lakukan yang dengannya mendownload prefill sedangkan methode On Line registrasi di lakukan secara on line tanpa butuh mendownload prefill sebelumnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan registrasi ini maka Operator Dapodik Perlu menyiapkan:
A. Kode Registrasi
Siapkan Kode Registrasi aktif bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah masing-masing, kode registrasi akan diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan download prefill ataupun registrasi on line. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk SMA serta SMK kode registrasi bisa dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk SD, SMP serta SLB bisa meminta/menanyakan ke KKdatadik di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
B. Akun Aplikasi Dapodik
Siapkan akun App Dapodik berupa user serta password yng sudah diregistrasikan pada App Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 serta Dapodik SMA/SMK 8.4.0) serta sudah terdaftar di server Dapodik Pusat. Akun berupa user serta password ini akan diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan download prefill ataupun registrasi on line. Bagi operator baru (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) bisa meminta user serta password Aplikasi Dapodik dari operator lama ataupun meminta dibuatkan akun baru kepada:
- KKdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
- Tim Support Dapodikdasmen Pusat
3. Persiapan Data
Di tahun pelajaranTahun Ini/2017 yng baru tentunya ramai sekali data-data di Aplikasi Dapodik yng Perlu di lakukan pemutakhiran serta data baru yng Perlu dimasukkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu Operator Dapodik dalam mengumpulkan data awal serta validasi data kepada pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) maka sudah disiapkan formulir pendataan. Formulir pendataan yng sudah diisi serta di validasi oleh pemilik data akan menjadi dasar bagi Operator Dapodik dalam entry data serta pemutakhiran data di Aplikasi Dapodik.
Di Aplikasi DapodikTahun Ini pula ada penambahan validasi data Kartu Indonesia Pintar (KIP), oleh karenanya sekolah bisa mulai mendata siswanya yng sudah mendapatkan KIP. Validasi data akan meliputi Nomor KIP serta Nama yng tertera di KIP.
4. Tatacara Singkat Aplikasi DapodikTahun Ini
Dalam rangka memberikan penjelasan serta pemahaman mengenai pengembangan Aplikasi DapodikTahun Ini, sudah disiapkan Tatacara Singkat Aplikasi DapodikTahun Ini. Tatacara ini akan berisi penjelasan singkat mengenai perkembangan serta perubahan-perubahan pada Aplikasi DapodikTahun Ini, sekalian menjdai tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan up grade dari App Dapodik versi lama menjadi Aplikasi DapodikTahun Ini.
Berita-informasi diatas penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk kami sampaikan diawal sebelum Aplikasi DapodikTahun Ini dirilis menjdai bekal pemahaman awal bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa melakukan persiapan-persiapan yng diharapkan menjadikan transformasi ke Aplikasi DapodikTahun Ini bisa berjalan yang dengannya lebih baik. Menjdai berita bahwasanya INSTALLER APLIKASI DAPODIKTahun Ini dalam waktu dekat akan segera dirilis.
Harapan kami berita diawal ini bisa menjadi acuan bagi segenap stakeholder di sekolah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang dengannya lebih baik serta mendorong tercapainya data Dapodik 100% baik secara kuantitas ataupun kualitas. Atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan Terimakasih.
Lihat pula Tatacara Download Serta Install Aplikasi Dapodik Versi Baru G5 5.00Tahun Ini

1. Download Tatacara Singkat Dapodik VersiTahun Ini.Pdf Disini

2. Download Formulir Dapodik VersiTahun Ini.Pdf Disini

Demikian share Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik VersiTahun Ini G5/5.00. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi sahabat operator sekolah.
sumber
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/persiapan-rilis-aplikasi-dapodik-versi.html

Seputar Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Versi Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Persiapan Rilis Aplikasi Dapodik Versi Tahun Ini