Juknis ( Pedoman ) OPSI SMA Tahun Ini

- April 13, 2017

Juknis ( Pedoman ) OPSI SMA Tahun Ini

 
Sahabat guru Indonesia. sebagaimana yng kta ketahui bersama, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan olimpiade rutin Direktorat Pembinaan SMA/MA sejak 2008. Pada Tahun Ini diadakan kembali olimpiade ini dalam rangka mencari generasi bangsa Indonesia yng unggul serta paling baik dalam berinovasi penelitian. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI adalah wadah bagi pelajar ataupun peserta didik SMA/MA bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan bakat, minat serta menumbuhkembangkan kemampuan dalam meneliti bagi pelajar.
Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ini pula adalah satu dari sekian banyaknya ajang olimpiade yng tidak sedikit diminati oleh pelajar lantaran selain orang-orang mampu mengeksplor kemampuan serta kecerdasan otak yng membuat orang-orang terasa diakui yang dengannya kecakapan yng orang-orang punya, ajang olimpiade ini tingkat akan membawa nama paling baik orang-orang hingga ke seluruh dunia lantaran ajang seleksi karya penelitian yng unggul/paling baik akan diikutsertakan dalam banyak sekali ajang lomba penelitian tingkat dunia.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun Ini mengusung pesan #MenelitiItuSeru lantaran bagi sebagian pelajar berpandangan bahwasanya penelitian dianggap menjdai sesuatu pekerjaan serius, susah serta cenderung membosankan. Yang dengannya adanya Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) akan memberikan pelajar pengalaman meneliti yang dengannya tips yng menyenangkan menjadikan minat meneliti terus meningkat serta mengajak sahabat disekitanya merasakan hal yng percis.
gambar juknis OPSI Tahun Ini

Juknis OPSI SMA Tahun Ini

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun Ini persyaratan yng Perlu dipenuhi diantaranya merupakan WNI, pelajar SMA/MA serta sekolah yng sederajat Negeri ataupun swasta kelas Xatau XI pada era lomba penelitian di lakukan, peserta perorangan ataupun berkelompok maksimum 2 orang serta dari sekolah yng percis, peserta cuma boleh terlibat dalam satu judul penelitian, setiap judul penelitian Perlu memiliki guru pembimbing yng kompetensinya sesuai yang dengannya bidang yng diteliti, serta peserta memberikan pernyataan bahwasanya penelitian yng di lakukan belumpernah dilombakan ataupun pernah dilombakan namun belum mendapatkan juara/penghargaan di tingkat nasional.
Ada tidak sedikit ketentuan lain-lainnya yng Perlu dipenuhi oleh peserta ataupun sekolah yng akan mengirimkan perwakilan sekolah oleh lantaran itu kami bagikan juknis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun Ini yng mungkin bapak serta ibu butuhkan dalam pemahaman mengenai Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Dalam juknis ini dijelaskan kriteria peserta, dasar hukum, tujun, ha yng diharapkan, bidang lomba, deskripsi/ruang lingkup kategori penelitian, persyaratan peserta pembimbing OPSI, mekanisme pelaksanaan pembimbing OPSI, kriteria penilaian, tim juri penilaian, penghargaan sampai-sampai pembinaan tim olimpiade penelitian tingkat internasional.
Persyaratan Peserta serta Pembimbing olimpiade penelitian siswa indonesia (opsi)
Peserta OPSI merupakan siswa yng melakukan penelitian serta mengikuti proses seleksi OPSI sesuai yang dengannya peraturan OPSI yng berlaku.
Persyaratan peserta OPSI merupakan :
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Siswa SMA/MA serta sekolah yng sederajat Negeri ataupun Swasta kelas X ataupun XI pada era lomba penelitian di lakukan;
  3. Peserta bisa perorangan ataupun berkelompok (maksimum dua orang) yng terdiri atas 1 ketua serta 1 anggota
  4. Peserta OPSI pada penelitian yng di lakukan berkelompok Perlu dari sekolah yng percis;
  5. Setiap peserta cuma boleh terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian.
  6. Setiap kelompok/judul penelitian Perlu memiliki guru pembimbing yng kompetensinya sesuai yang dengannya bidang yng diteliti;
  7. Peserta memberikan pernyataan bahwasanya penelitian yng di lakukan belum pernah dilombakan ataupun pernah dilombakan akan tetapi belum mendapatkan juara/penghargaan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya ihwal Pedoman ataupun juknis OPSI SMA Tahun Ini, silahkan download file lengkap nya dalam bentuk pdf melalui LINK BERIKUT. Terima Beri
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2017/02/juknis-pedoman-opsi-sma-2017.html

Seputar Juknis ( Pedoman ) OPSI SMA Tahun Ini

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Juknis ( Pedoman ) OPSI SMA Tahun Ini