Permendikbud Terbaru Tentang Pedoman Penyusunan RPP

- Mei 30, 2017

Permendikbud Terbaru Tentang Pedoman Penyusunan RPP

 
Adakah Permendikbud Terbaru Tentang Pedoman Penyusunan RPP Tahun Ini/2017? Sahabat guru yng kami hormati, menjelang tahun ajaran baru tentu saja para pendidik di aneka macam satuan pendidikan sibuk menyiapkan perangkat pembelajaran menjadikan tidak sedikit rekan pendidik yng bertanya mengenai pedoman resmi dari kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (kemdikbud) wacana format penyusunan RPP terbaru. Nah selaku admin blog guru-id disini saya cuma meluruskan serta menginformasikan bahwasanya sejauh ini cuma ada perubahan pada kurikulum 2013 saja mengenai format Silabus serta RPP, itu pula hasil pelatihan para guru saja, nah bagi atau bisa juga dikatakan untuk pedoman baru dalam penyusunan RPP masih yng lama.
Sahabat edukasi yng berbahagia, Pedoman Penyusunan RPP masih mengikuti Aturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 103 Tahun Ini wacana Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Serta Pendidikan Menengah. Aturan ini dibuat dalam rangka implementasi kurikulum sebagaimana sudah diatur dalam Pasal 77O ayat (2) huruf c serta Pasal 77P ayat (2) huruf c Aturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 wacana Perubahan Atas Aturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan. Jangan tidak ingat Download pula: Permendikbud Nomor 103 Tahun Ini
gambar Permendikbud Terbaru Tentang Pedoman Penyusunan RPP

Pedoman Penyusunan RPP Sesuai Permendikbud Nomor 103 Tahun Ini

Sekedar mengingatkan serta membagikan saja, Pada Permendikbud No 103 Tahun Ini dituliskan wacana komponen RPP yng terdiri dari (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, serta kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; serta (7) media/alat, bahan, serta sumber belajar. Mudah-mudahan dipahami
Andai bapak ibu guru bertanya Semisal apa format RPP terbaru sesuai Permendikbud No 103 Tahun Ini? berikut kami postingkan
Nama Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
2. KD pada KI-2
3. KD pada KI-3
4. KD pada KI-4
C. Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD pada KI-2
3. Indikator KD pada KI-3
4. Indikator KD pada KI-4
D. Materi Pembelajaran (bisa berasal dari buku teks pelajaran serta buku tatacara guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yng dikelompokkan menjadi materi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembelajaran reguler, pengayaan, serta remedial)
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti **)
1) Mengamati
2) Menanya
3) Mengumpulkan berita/berupaya
4) Menalar/mengasosiasi
5) Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti **)
1) Mengamati
2) Menanya
3) Mengumpulkan berita/berupaya
4) Menalar/mengasosiasi
5) Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial serta Pengayaan
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial serta Pengayaan
Pembelajaran remedial di lakukan segera sesudah kegiatan penilaian.
G. Media/alat, Bahan, serta Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
Semisal yng blog guru-id tuliskan pada paragraf pertama bahwasanya yng butuh diperhatikan merupakan penyusunan RPP serta silbus Kurikulum 2013 yng mengalami tidak banyak perubahan. Nah bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya silahkan baca: Revisi Kurikulum 2013 terbaru yng butuh diketahui pendidik
Sahabat edukasi yng berbahagia, pada posting sebelumnya blog guru sudah membagikan aneka macam dokumen pendukung perangkat pembelajaran semisal RPP, Silabus, Prota, Promes serta KKM Kurikulum 2013 ataupun KTSP bagi atau bisa juga dikatakan untuk SD/Mi, SMP/MTs, SMA, serta SMK semester 1 serta 2 lengkap seluruh kelas. Kesemuannya itu mampu bapak ibu guru jadikan rujukan dalam penyusunan Perangkat pembelajaran tahun ajaran baruTahun Ini/2017, andai berminat silahkan download pada laman blog ini tatacara klik menu "KTSP", (download disini) "Kurikulum 2013" (disini) ataupun perangkat pembelajaran, serta lantas tinggal dipilih sesuai kebutuhan.
gambar permendikbud nomor 22 Tahun Ini

Update wacana Permendikbud nomor 22 Tahun Ini Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar serta Menengah

Sahabat edukasi yng berbahagia akhirnya pedoman penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tahun ajaran baruTahun Ini/2017 diterbitkan menjadikan mampu langsung dibagikan blog guru-id.com melalui posting ini. Adapun peraturan baru ini pula mampu bapak ibu genakan menjdai pedoman lengkap dalam membuat RPP.
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap serta sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik bagi atau bisa juga dikatakan untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yng cukup bagi prakarsa, kreativitas, serta kemandirian sesuai yang dengannya bakat, minat, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. RPP disusun didasari KD ataupun subtema yng dilaksanakan kali pertemuan ataupun lebih.
Berikut komponen terbaru RPP didasari Permendikbud nomor 22 Tahun Ini
a. identitas sekolah yakni nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran ataupun tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai yang dengannya keperluan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencapaian KD serta beban belajar yang dengannya mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yng tersedia dalam silabus serta KD yng Perlu dicapai;
f. tujuan pembelajaran yng dirumuskan didasari KD, yang dengannya mempergunakan kata kerja operasional yng bisa diamati serta diukur, yng mencakup sikap, pengetahuan, serta keterampilan;
g. kompetensi dasar serta indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, serta prosedur yng relevan, serta ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai yang dengannya rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yng disesuaikan yang dengannya karakteristik peserta didik serta KD yng akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, bisa berupa buku, media cetak serta elektronik, alam sekitar, ataupun sumber belajar lain yng relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran di lakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, serta penutup; serta
m. penilaian hasil pembelajaran
Nah bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya silahkan download permendikbud terbaru wacana pedoman penyusunan RPP Tahun Ini/2017 melalui tautan yng kami sematkan dibawah
  • Permendikbud terbaru nomor 22 Tahun Ini wacana pedoman penyusunan RPP (DOWNLOAD)
  • Permendikbud terbaru nomor 20 Tahun Ini wacana Standar Kompetensi Kelulusan Pendidikan Dasar Serta Menengah (DOWNLOAD)
  • Permendikbud terbaru nomor 21 Tahun Ini wacana Standar isi Satuan Pendidikan Dasar Serta Menengah (DOWNLOAD)
  • Permendikbud terbaru nomor 23 Tahun Ini wacana Standar Penilaian Pendidikan (DOWNLOAD)
Sekian wacana Permendikbud Tentang Pedoman Penyusunan RPP Tahun Ini/2017 yng mampu kami bagikan. Lebih serta tidak lebih kami mohon maaf, kritik serta saran Amat kami butuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebaikan blog ini kedepannya kelak. Nah bagi yng butuh silahkan download Buku Siswa Serta Guru Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi Tahun Ini

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/permendikbud-terbaru-tentang-pedoman.html

Seputar Permendikbud Terbaru Tentang Pedoman Penyusunan RPP

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Permendikbud Terbaru Tentang Pedoman Penyusunan RPP