Pedoman Umum Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar

- Mei 07, 2017

Pedoman Umum Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar

 
Sahabat guru-id, guru pembelajar adalah satu dari sekian banyaknya program kemdikbud yng ditujukan menjdai tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan Kompetensi melalui Moda Tatap Muka, Dalam Jaringan (Daring), serta Daring Kombinasi. Sebagaimana yng bapak ibu guru ketahui pada Uji Kompetensi Guru Tahun Ini, sebenarnya hasil UKG sesuai yang dengannya harapan kemdikbud, lantaran Rata-rata UKG nasional 53,02, sedangkan pemerintah menargetkan rata-rata nilai di angka 55. Selain itu, rerata nilai profesional 54,77, sedangkan nilai rata-rata kompetensi pendagogik 48,94,” ungkap Anies Baswedan.
Nah, andai bapak ibu guru masih penasaran mengenai hasil nilai UKG Tahun Ini, berikut kami bagikan rekapitulasi rata-rata nilai UKGTahun Ini (Pedagogik serta Profesional) yng bisa kamu lihat melalui penampakkan pada gambar dibawah
gambar nilai UKG Tahun Ini
Kembali ke topik kita ihwal guru pembelajar, nah pada Pedoman Umum Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar ini ada beberapa buku yng penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelajari yakni:
  • Buku 1 Pedoman Peningkatan Kompetensi
  • (Moda Tatap Muka, Dalam Jaringan (Daring), serta Daring Kombinasi)
  • Buku 2A Petunjuk Teknis Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Tatap muka
  • Buku 2B Petunjuk Teknis Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Guru Moda Daring
  • Buku 2C Petunjuk Teknis Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Pembelajaran Mampu berdiri diatas kaki sendiri
  • Buku 3 Buku Pegangan Narasumber Nasional/Pengampu serta Instruktur Nasional/Mentor
  • Buku 4 Katalog Modul - Bagian 1 (TK, SD, SLB, SMP, SMA, SMK) Katalog Modul - Bagian 2 (SMK Peminatan Vokasi)
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya kami bagikan Pedoman Umum Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar melalui postingan blog guru-id.com
gambar cover buku guru pembelajar final

Pedoman Umum Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Guru menjdai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, serta menengah mempunyai peran yng Amat penting dalam menentukan kesuksesan peserta didik menjadikan menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Pentingnya peranan guru dalam pendidikan diamanatkan dalam Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 ihwal Guru serta Dosen yng mengamanatkan adanya pembinaan serta pengembangan profesi guru menjdai aktualisasi dari profesi pendidik.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk merealisasikan amanah undang-undang sebagaimana dimaksud, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan melaksanakan Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar bagi seluruh guru, baik yng telah bersertifikat ataupun belum bersertifikat. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melaksanakan program yang telah di sebutkan, pemetaan kompetensi sudah di lakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) di seluruh Indonesia menjadikan bisa diketahui kondisi objektif guru era ini serta kebutuhan peningkatan kompetensinya. Data guru peserta UKG Tahun Ini sebagaimana tercantum dalam tabel berikut.
gambar data UKG Tahun Ini
Hasil UKG pada Tahun Ini menunjukan nilai rata-rata nasional yng dicapai merupakan 56,69, meningkat dibandingkan nilai rata-rata nasional dari tahun-tahun sebelumnya yakni 47, serta telah melampui target capaian nilai rata-rata nasional Tahun Ini yng ditetapkan dalam renstra Kemdikbud yakni sebesar 55. Meskipun demikian, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan, khususnya Direktorat Jenderal Guru serta Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) berusaha lebih keras agar bisa mengejar target yng ditetapkan pada Tahun Ini yakni 65. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu Ditjen GTK mengembangkan program didasari hasil UKGTahun Ini yng disebut yang dengannya Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar.
Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar merupakan upaya peningkatan kompetensi guru yng melibatkan Pemerintah dan partisipasi publik yng meliputi pemerintah daerah, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia bisnis serta dunia industri, organisasi kemasyarakatan, dan orangtua siswa. Bentuk pelibatan publik bisa di lakukan yang dengannya banyak sekali tips semisal memberikan dukungan bagi terselenggaranya Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar, baik dalam moda tatap muka, dalam jaringan (daring), ataupun daring kombinasi. Pedoman ini disusun agar Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar bisa dilaksanakan secara efektif, efisien, serta sesuai yang dengannya prosedur.
BAB II
PROGRAM GURU PEMBELAJAR
A. Kebijakan Program Guru Pembelajar
Menteri Pendidikan serta Kebudayaan dalam sambutan pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun Ini mengajak seluruh guru bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi Guru Pembelajar, guru yng selalu hadir menjdai pendidik serta pemimpin bagi peserta didiknya, guru yng hadir mengirimkan pesan harapan, guru yng semakin menjadi semisal ihwal ketangguhan, optimisme, serta keceriaan. Guru adalah seorang pembelajar yng secara terus menerus belajar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kualitas dirinya. Guru pembelajar merupakan guru yng ideal yng terus belajar serta mengembangkan (upgrade) diri di setiap era serta di manapun. Guru terus belajar serta mengembangkan diri bukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemerintah ataupun kepala sekolah, namun memanglah sejatinya setiap pendidik ataupun guru merupakan pembelajar. Cuma dari guru yng terus belajar serta berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yng terus menerus berkontribusi pada masyarakat serta lingkungannya. Guru pembelajar merupakan guru yng senantiasa terus belajar selama dia mengabdikan dirinya di dunia pendidikan. Oleh lantaran itu, disaat seorang guru memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berhenti ataupun tak mau belajar maka pada era itu dia berhenti menjadi guru ataupun pendidik.
Guru adalah role model ataupun semisal bagi para peserta didik menjadikan tampilan awal guru Amat berpengaruh terhadap kelanjutan pembelajaran para peserta didik. Guru bisa menyajikan proses pembelajaran yng menarik, memberikan motivasi, serta menginspirasi dari pengetahuan serta pengalaman guru yng senantiasa diperbaharui yang dengannya banyak sekali masukan positif yng didapat dari banyak sekali sumber belajar. Pengetahuan serta pengalaman bisa diperoleh dari buku-buku, televisi, dunia maya/internet, kegiatan seminar pendidikan, dan pendidikan serta pelatihan. Dalam proses belajarnya, guru menghasilkan karya serta inovasi yng mencerahkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas menjadikan menumbuhkan seluruh potensi peserta didik serta orang-orang bukan sekadar mampu mencapai maupun meraih, akan tetapi mampu melampaui cita-citanya. Guru bukan cuma seorang pengajar akan tetapi lebih dari itu guru adalah pendidik. Menjdai pendidik guru Perlu mempunyai banyak sekali kemampuan menjdai kompetensi yng Perlu dimiliki menjdai pendidik yng profesional.
Ada beberapa alasan kenapa seorang guru Perlu terus belajar selama dia berprofesi menjdai pendidik, menjdai berikut.
  1. Profesi guru adalah bidang pekerjaan khusus yng dilaksanakan didasari prinsip profesionalitas mempunyai peluang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan yang dengannya belajar sepanjang hayat.
  2. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni menuntut guru bagi atau bisa juga dikatakan untuk Perlu belajar menyesuaikan diri yang dengannya hal-hal baru yng berlaku era ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu menyesuaikan diri yang dengannya banyak sekali perubahan yng baru. Adapun kemampuan yang telah di sebutkan mampu diperoleh melalui pelatihan, seminar ataupun melalui studi kepustakaan.
  3. Karakter peserta didik yng senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yng dipakai pada peserta didik generasi terdahulu akan susah diterapkan pada peserta didik generasi saat ini. Oleh lantaran itu, tips maupun metode pembelajaran yng dipakai guru Perlu disesuaikan yang dengannya kondisi peserta didik era ini.
Didasari alasan yang telah di sebutkan di atas, guru pembelajar Perlu terus belajar, bisa atau mampu menyesuaikan diri yang dengannya perubahan, serta bisa menginspirasi peserta didik menjadi subjek pembelajar berdikari yng bertanggungjawab, kreatif, serta inovatif.
Bersambung...., Selanjutnya silahkan...
1. Download Draft Final Pedoman Umum Guru Pembelajar - KLIK DISINI
2. Download Modul Guru Pembelajar - KLIK DISINI
3. Download Daftar IN Guru PembelajarTahun Ini- KLIK DISINI
Demikian ihwal program guru pembelajar. Mudah-mudahan goresan pena ini memberikan manfaat khususnya bagi guru yng belum tahu ihwal program ini. nah andai ingin tahu jangan tidak ingat baca tips daftar guru pembelajar.
Ads By Google

Postingan terkait:



Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/07/pedoman-umum-program-peningkatan.html

Seputar Pedoman Umum Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Pedoman Umum Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar