Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013

- April 27, 2017

Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013

 
Sahabat guru, pada dokumen Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013 ini kami bagikan Semisal Jurnal, Rubrik, Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 secara lengkap dalam satu dokumen Microsoft word. Kami berharap mudah-mudahan saja mampu memberikan manfaat bagi bapak serta ibu guru yng era ini tengah ataupun sedang melaksanakan kurikulum 2013 di sekolahnya. Sebagaimana yng kita ketahui bahwasanya komponen dalam penilaian sikap kurikulum 2013 Tahun Ini ini pula mencakup Jurnal serta rubrik, penilaian antar sahabat serta penilaian diri. Oleh lantaran itu mari kita pelajari bersama melalui goresan pena ini.
A. Apa yng dimaksud Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap?
Berdasarkan pengertiannya. Sikap berawal dari perasaan yng terkait yang dengannya keseringan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap pula menjdai ekspresi dari nilai-nilai ataupun pandang-an hidup yng dimiliki oleh seseorang. Sikap bisa dibentuk, menjadikan terlaksana perilaku ataupun tindakan yng dimau-kan. Kompetensi sikap yng dimaksud dalam tatacara ini merupakan ekspresi dari nilai-nilai ataupun pandang-an hidup yng dimiliki oleh seseorang serta diwujudkan dalam perilaku.
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yng dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur sikap peserta didik menjdai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap pula adalah perangkat lunak suatu standar ataupun system pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap menjdai bagian dari pembelajaran merupakan refleksi (cerminan) pemahaman serta kemajuan sikap peserta didik secara individual.
B. Apa Saja Cakupan Penilaian Sikap
Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yakni sikap spiritual yng terkait yang dengannya pembentukan peserta didik yng beriman serta bertakwa, serta sikap sosial yng terkait yang dengannya pembentukan peserta didik yng berakhlak mulia, berdikari, demokratis, serta bertanggung jawab. Sikap spiritual menjdai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal yang dengannya Tuhan Yng Maha Esa, sedangkan sikap sosial menjdai perwujudan keberadaan kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni ke hidup-an.
Pada jenjang SMK/MAK, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: menghayati serta mengamalkan ajaran agama yng dianutnya serta KI 2: menghayati serta mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, tenang), santun, responsif serta pro-aktif serta menunjukkan sikap menjdai bagian dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif yang dengannya lingkungan sosial serta alam dan dalam menempatkan diri menjdai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Tabel Cakupan Penilaian Sikap

Penilaian sikap spiritual Menghargai serta menghayati ajaran agama yng dianut
Penilaian sikap sosial 1. jujur 2. disiplin 3. tanggung jawab 4. gotong royong 5. kerjasama 6. toleran 7. tenang 8. santun 9. responsif 10. percaya diri
Penjelasan tabel diatas KD pada KI-1: aspek sikap spiritual (bagi atau bisa juga dikatakan untuk matapelajaran tertentu bersifat generik, pengertiannya berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh materi pokok). Sedangkan KD pada KI-2: aspek sikap sosial (bagi atau bisa juga dikatakan untuk matapelajaran tertentu bersifat relatif generik, akan tetapi beberapa materi pokok tertentu ada KD pada KI-3 yng berbeda yang dengannya KD lain pada KI-2). Guru bisa menambahkan sikap-sikap yang telah di sebutkan menjadi perluasan cakupan penilaian sikap. Perluasan cakupan penilaian sikap didasarkan pada karakterisitik KD pada KI-1 serta KI-2 setiap matapelajaran.
download: Semisal Jurnal, Rubrik, Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Lanjut baca : Perumusan Indikator serta Semisal Indikator

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/06/teknik-dan-bentuk-instrumen-penilaian.html

Seputar Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013