Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013
Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013 | Referensi terbaru di 2017 via web Guru Sekolah. Rekomendasi konten lengkap terbaik. - Guru Sekolah. Artikel ini di beri judul Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013. Konten ini untuk anda pembaca setia https://gurusekolah-id.blogspot.com/. Bagikan juga postingan Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013 terbaru ini ke media kalian. Supaya blog seputar Guru Sekolah dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Guru Sekolah di 2017 ini. Langsung saja baca dan simak mengenai Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013 di bawah ini dari situs web Guru Sekolah.A. Apa yng dimaksud Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap?
Berdasarkan pengertiannya. Sikap berawal dari perasaan yng terkait yang dengannya keseringan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap pula menjdai ekspresi dari nilai-nilai ataupun pandang-an hidup yng dimiliki oleh seseorang. Sikap bisa dibentuk, menjadikan terlaksana perilaku ataupun tindakan yng dimau-kan. Kompetensi sikap yng dimaksud dalam tatacara ini merupakan ekspresi dari nilai-nilai ataupun pandang-an hidup yng dimiliki oleh seseorang serta diwujudkan dalam perilaku.
Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yng dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur sikap peserta didik menjdai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap pula adalah perangkat lunak suatu standar ataupun system pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap menjdai bagian dari pembelajaran merupakan refleksi (cerminan) pemahaman serta kemajuan sikap peserta didik secara individual.
B. Apa Saja Cakupan Penilaian Sikap
Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yakni sikap spiritual yng terkait yang dengannya pembentukan peserta didik yng beriman serta bertakwa, serta sikap sosial yng terkait yang dengannya pembentukan peserta didik yng berakhlak mulia, berdikari, demokratis, serta bertanggung jawab. Sikap spiritual menjdai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal yang dengannya Tuhan Yng Maha Esa, sedangkan sikap sosial menjdai perwujudan keberadaan kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni ke hidup-an.
Pada jenjang SMK/MAK, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: menghayati serta mengamalkan ajaran agama yng dianutnya serta KI 2: menghayati serta mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, tenang), santun, responsif serta pro-aktif serta menunjukkan sikap menjdai bagian dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif yang dengannya lingkungan sosial serta alam dan dalam menempatkan diri menjdai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Tabel Cakupan Penilaian Sikap
Penilaian sikap spiritual | Menghargai serta menghayati ajaran agama yng dianut |
Penilaian sikap sosial | 1. jujur 2. disiplin 3. tanggung jawab 4. gotong royong 5. kerjasama 6. toleran 7. tenang 8. santun 9. responsif 10. percaya diri |
Penjelasan tabel diatas KD pada KI-1: aspek sikap spiritual (bagi atau bisa juga dikatakan untuk matapelajaran tertentu bersifat generik, pengertiannya berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh materi pokok). Sedangkan KD pada KI-2: aspek sikap sosial (bagi atau bisa juga dikatakan untuk matapelajaran tertentu bersifat relatif generik, akan tetapi beberapa materi pokok tertentu ada KD pada KI-3 yng berbeda yang dengannya KD lain pada KI-2). Guru bisa menambahkan sikap-sikap yang telah di sebutkan menjadi perluasan cakupan penilaian sikap. Perluasan cakupan penilaian sikap didasarkan pada karakterisitik KD pada KI-1 serta KI-2 setiap matapelajaran.
download: Semisal Jurnal, Rubrik, Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Lanjut baca : Perumusan Indikator serta Semisal Indikator
Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/06/teknik-dan-bentuk-instrumen-penilaian.html
Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.guru-id.com/2016/06/teknik-dan-bentuk-instrumen-penilaian.html
Seputar Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013
Terima kasih telah membaca Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013. Semoga pos dari situs web Guru Sekolah berguna dan memberi manfaat. Baik untuk anda dan buat website Guru Sekolah. Silakan berbagi ulasan Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013 tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Guru Sekolah melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog Guru Sekolah untuk mendapat info lengkap terbaru 2017. Lalu baca pembahasan selain dari : Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013 yang lebih terupdate lengkap dan free. Atau simak artikel gratis terkait dari situs web Guru Sekolah di bawah. Demikan dan sekian tentang Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013. Dan Assalamualaikum pembaca Guru Sekolah.
Advertisement
Tidak ada komentar:
Posting Komentar